DPRD Banyuwangi Sosialisasi Perda No.2 Tahun 2019 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

- 16 Oktober 2020, 12:46 WIB
Sosialisasi DPRD Banyuwangi
Sosialisasi DPRD Banyuwangi /

KABAR BESUKI - Setelah sebelumnya DPRD Kabupaten Banyuwangi melakukan sosialisasi Perda tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Mikro. Kini DPRD Banyuwangi kembali menggelar kegiatan sosialisasi regulasi daerah yang mengatur tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, Kamis (15/10/2020).

Sosialisasi Perda No. 2 Tahun 2019 ini dilaksanakan di Balai Kecamatan Sempu dengan mengundanghadirkan Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat dan Pemuda serta gabungan kelompok tani.

Kegiatan dibuka Wakil ketua DPRD, Ruliyono didampingi anggota Bapemperda, Ficky Septalinda, Samsusl Arifin, perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan, serta Camat Sempu.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Kini Hanya Tentangmu' Dipopulerkan Rizky Billar

Dalam sambutan pembuka, Ruliyono menyampaikan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jajaran pemerintahan desa maupun kepada masyarakat serta berbagai pihak yang terkait agar dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan ketentuan dalam Perda No. 2 Tahun 2019 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

“ Salah satu tujuan dari Perda perlindungan dan pemberdayaan petani adalah untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian petani dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas dan kehidupan yang lebih baik , “ ucap Ruliyono.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat, 16 Oktober 2020: Sagitarius Sulit Lupakan Masa Lalu

Anggota Bapemperda, Samsul Arifin menambahkan, kebijakan perlindungan petani di daerah diantaranya adalah  penyediaan sarana produksi pertanian yang tepat waktu, tepat mutu dan harga terjangkau bagi petani. Mendukung pengaturan impor komoditas pertanian sesuai dengan musim panen dan kebutuhan konsumsi dalam negeri.

“ Ada juga fasilitas asuransi pertanian untuk melindungi petani dari kerugian gagal panen, memberikan bantuan ganti rugi gagal panen akibat kejadian luar biasa sesuai dengan kemampuan keuangan daerah , “ jelasnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x