Antisipasi Musim Penghujan, Personil Gabungan Banyuwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

- 21 Oktober 2020, 19:40 WIB
Apel Kesiapsiagaan Musim Penghujan di Taman Blambangan
Apel Kesiapsiagaan Musim Penghujan di Taman Blambangan /

KABAR BESUKI - Sejumlah personil gabungan dari berbagai unsur mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi di Alun-alun Blambangan, Banyuwangi Rabu (21/10/2020). Pasukan gabungan tersebut terdiri dari jajaran Pemkab Banyuwangi, TNI, Polri, Basarnas, BNPB, dan PMI. 

Bencana hidrometereologi adalah bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin. Contohnya banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat memimpin apel tersebut mengatakan, Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah yang rawan akan bencana. Potensi bencana Banyuwangi sangat beragam, mulai dari bencana gunung api, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir.

Baca Juga: Pendampingan Pekerja Migran dan Keluarganya, Ipuk Perkuat Pemberdayaan Berbasis Desa

Menurut Anas, kerawanan bertambah seiring dengan masuknya musim penghujan di daerah Banyuwangi yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti tanah longsor dan banjir di sejumlah titik di wilayahnya.

“Dengan adanya potensi itu, maka kita harus siap siaga dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, salah satunya bencana hidrometeorologi. Apel ini sebagai bentuk kesiapsiagaan seluruh elemen di Banyuwangi,” ungkap Anas.

Apel tersebut diikuti jajaran Forkopimda Banyuwangi. Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Yuli Eko Purwanto, Danlanal Banyuwangi Letkol (P) Joko Setiyono, Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi Mohamad Mikroj, dan Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Saiful Arif.

Baca Juga: Update Covid-19 Terbaru: Tak Ada Zona Merah, 50 Persen Wilayah Jawa Timur Zona Kuning

Anas menilai, keberhasilan penangulangan bencana ini tentunya bergantung pada sistem penanggulangan bencana dengan penunjang sarana dan prasarana yang mumpuni. Serta koordinasi yang baik antar stakeholder dan masyarakat di wilayah rawan bencana.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini