Jadi Pembicara di Webinar Smart City Asia, Bupati Banyuwangi Berbagi Ilmu Tentang Smart Kampung

- 2 November 2020, 14:30 WIB
Bupati Anas Berbagi Ilmu tentang Smart kampung
Bupati Anas Berbagi Ilmu tentang Smart kampung /banyuwangikab.go.id

KABAR BESUKI - Pengembangan sistem ”smart kampung” Banyuwangi dalam menghadapi pandemi covid-19 menarik sejumlah tokoh Asia. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didaulat menjadi pembicara dalam Webinar Smart City International, yang digelar oleh Councils of Asian Liberals and Democrats (CALD) yang berbasis di Philipina, Jumat (30/10/2020).

Webinar tersebut diikuti oleh sejumlah narasumber yang terdiri atas kepala daerah dan ahli kesehatan dari beberapa negara. Antara lain Deputy Director-General Taiwan Centers for Disease Control, Yi-Chun Lo; Chief Director/Advisor Smart City National Strategic Program Korean Smart Cities Special Committe, Dae Yeon Cho; Walikota Roxas City, Filipina, Ronnie T. Davidas dan Bupati Abdullah Azwar Anas sendiri mewakili Indonesia.

"Seminar CALD ini untuk membahas bagaimana kita dapat menata kembali smart cities serta peluang apa yang dapat ditawarkan dalam menghadapi pandemi. Praktek-praktek baik kita bahas bersama di forum tersebut," kata Anas.

Baca Juga: Susah Menghilangkan Komedo Membandel? Coba Cara Yang Satu Ini

Sejumlah hal dibahas dalam webinar tersebut. Mulai bagaimana respons cepat daerah menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi akibat covid-19, bagaimana teknologi mempermudah penanganan covid-19, hingga bagaimana peran pemerintah daerah melakukan perencanaan ulang daerahnya pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga: Segera Rilis di Indonesia PS5 Kantongi Sertifikasi Kominfo, Intip Harganya!

"Tentunya pemanfaatan teknologi-lah yang memungkinkan penanganan Covid-19 bisa dilakukan secara lebih baik. Kita terus bekerja ke arah tersebut," kata Anas.

Anas mengatakan, Banyuwangi telah mengoptimalkan sistem Smart Kampung, sistem smart city yang diusung oleh Banyuwangi. Lewat Smart Kampung, problem sosial akibat covid 19 berusaha dipecahkan Banyuwangi dengan program Pendataan Bantuan Sosial bagi Warga.

“Program Smart Kampung sangat membantu dalam hal pendataan bantuan sosial, meski memang harus diakui masih ada 1-2 case skala kecil yang wajar terjadi di tengah shock datangnya pandemi ini,” ujar Anas. 

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x