Jepang Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, Rocky Gerung: Dia Berhitung Bahwa Ini Bisa Berbahaya

- 6 Januari 2022, 10:15 WIB
Jepang Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, Rocky Gerung: Dia Berhitung Bahwa Ini Bisa Berbahaya.
Jepang Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, Rocky Gerung: Dia Berhitung Bahwa Ini Bisa Berbahaya. /Ilustrasi/Steve Buissinne/PIXABAY/stevepb

KABAR BESUKI - Pemerintah Jepang melalui Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji meminta Pemerintah Indonesia untuk mencabut larangan ekspor batu bara yang diberlakukan hingga Senin, 31 Januari 2022.

Akademisi Rocky Gerung angkat bicara mengenai Jepang yang meminta Indonesia mencabut larangan ekspor batu bara.

Rocky Gerung menilai Jepang meminta Indonesia mencabut larangan ekspor batu bara karena telah berhitung bahwa hal tersebut bisa berbahaya.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu mengungkapkan, Pemerintah Indonesia seolah tak melihat reaksi Jepang sebagai salah satu pihak yang memiliki kontrak dengan sejumlah pemasok batu bara di Indonesia, sekaligus menggambarkan hal tersebut memperlihatkan proyeksi 2022 yang terancam berantakan karena kesalahan terkait koordinasi kebijakan di bidang energi.

"Ini satu keadaan di awal tahun yang memperlihatkan proyeksi 2022 akan berantakan semua. Karena dimulai dengan koordinasi energi yang nggak dihitung bagaimana reaksi buyer luar negeri, Jepang yang bikin kontrak," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official dalam sebuah video yang ditayangkan pada Kamis, 6 Januari 2022.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Pasokan Listrik Indonesia Terancam Habis Karena Minim Insentif Riset Energi Alternatif

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM telah mengeluarkan kebijakan larangan ekspor batu bara hingga Senin, 31 Januari 2022 mendatang.

Kementerian ESDM bahkan telah menyiapkan ancaman sanksi bagi perusahaan penambang batu bara yang melanggar larangan ekspor tersebut.

Kebijakan larangan ekspor batu bara diberlakukan untuk menyelamatkan kebutuhan pasokan listrik dalam negeri, khususnya untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x