Infeksi Covid-19 Disebut Bisa Bikin Otak Menyusut, Ternyata Ini Alasannya

- 14 September 2021, 19:43 WIB
Infeksi Covid-19 Disebut Bisa Bikin Otak Menyusut, Ternyata Ini Alasannya
Infeksi Covid-19 Disebut Bisa Bikin Otak Menyusut, Ternyata Ini Alasannya //pixabay

KABAR BESUKI – Dampak dari infeksi Covid-19 ini ternyata tidak hanya bisa membuat seseorang mengalami penurunan IQ melainkan juga bisa mengalami penyusutan otak.

Pasien yang terinfeksi Covid-19 ternyata berisiko untuk mengalami penyusutan otak. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam sebuah riset terbaru mengenai Covid-19.

Sebuah riset terbaru menemukan bahwa pasien Covid-19 akan mengalami penyusutan otak meski mereka punya gejala sedang.

Seperti dilansir Kabar Besuki dari MedRxiv, menurut hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris yang didasari oleh data kesehatan IK Biobank mengungkap bahwa infeksi Covid-19 bisa bikin otak mengalami penyusutan.

Baca Juga: Wanita yang Sering Terbangun di Malam Hari Ternyata Dua Kali Lipat Berisiko Mati Muda, Ini Penyebabnya

Studi tersebut dilakukan dengan melibatkan 782 partisipan. Para peneliti kemudian membandingkan pemindaian otak individu sebelum dan sesudah pandemic.

Para partisipan itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pertama berisi 394 penyintas Covid-19, dan 388 sisanya adalah partisipan yang belum terinfeksi Covid-19.

Setela melakukan penelitian, para peneliti menemukan bahwa kelompok penyintas Covid-19 mengalami perubahan yang signifikan pada otak.

Para penyintas Covid-19 ini kehilangan materi abu-abu yang ada di daerah otak dan ukuran otak juga mengalami penyusutan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: MedRxiv.org


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X