10 Manfaat Adopsi Hewan Peliharaan untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Salah Satunya

- 14 Mei 2022, 10:17 WIB
10 Manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan/pexels.com/Yaroslav Shuraev
10 Manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan/pexels.com/Yaroslav Shuraev /

KABAR BESUKI – Mengadopsi hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan menurut penelitian, baik untuk anak-anak maupun orang tua.

Memiliki hewan peliharaan dapat memberikan kita kesempatan untuk lebih aktif, melakukan kegiatan di luar ruangan, dan bersosialisasi.

Berjalan atau bermain dengan hewan peliharaan secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida. Selain itu, hewan peliharaan dapat membantu kita mengatasi kesepian dan depresi.

Berikut manfaat mengadopsi hewan peliharaan seperti yang dilansir Kabar Besuki dari Boldsky:

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kecamatan Rogojampi Banyuwangi 14 dan 15 Mei 2022, Menurut BMKG

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Hubungan sosial dan emosional dengan hewan peliharaan dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan secara positif. Penelitian observasional menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat memberikan kenyamanan bagi orang dengan kondisi kesehatan mental.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kepemilikan anjing menguntungkan veteran dengan gangguan stres pasca-trauma. Selain itu, kepemilikan hewan peliharaan umumnya dikaitkan dengan stabilitas emosional yang lebih besar. Peningkatan makna dan tujuan juga dikaitkan dengan memiliki hewan peliharaan.

  1. Dapat Meningkatkan Hormon Perasaan Senang

Menurut beberapa penelitian, petting dapat memiliki manfaat hormonal bagi orang yang melakukannya. Mengelus anak-anak berbulu Anda dikaitkan dengan tingkat oksitosin yang lebih tinggi, hormon perasaan baik, dan tingkat kortisol yang lebih rendah.

Selain itu, dapat meningkatkan pelepasan oksitosin dan endorfin, yang dapat membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, depresi, kesepian, dan isolasi sosial.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Boldsky


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x