Abu Vulkanik Gunung Raung Ganggu Aktivitas Warga di Banyuwangi, Masyarakat Keluhkan Mata Perih

- 6 Februari 2021, 12:52 WIB
Abu Vulkanik Gunung Raung yang melekat di daun
Abu Vulkanik Gunung Raung yang melekat di daun /Rochman/

KABAR BESUKI - Warga Kabupaten Banyuwangi mulai merasakan efek semburan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Raung. Kali ini, warga dapat merasakan semburan abu vulkanik itu bertebaran dijalanan, dan mengeluhkan matanya perih sejak Jumat malam kemarin 6 Februari 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Noor Huda (26), warga Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Pihaknya, merasakan adanya abu vulkanik yang bertebaran menempel ditubuhnya hingga mengakibatkan perih pada matanya.

“Hujan abu ini terasa usai sholat magrib kemarin. Tapi alhamdulillah saat itu hujan abu disertai hujan air yang sangat deras di wilayah Songgon,” kata Noor Huda warga Dusun Kentangan, Desa Bayu, Kecamatan Songgon saat dikonfirmasi Sabtu 6 Januari 2021.

Baca Juga: Ternyata Informasi Tentang Jakarta Lockdown 12-15 Februari Adalah Hoax

Senada, juga dirasakan oleh warga Banyuwangi Kota. Mereka juga merasakan jika keberadaan abu vulkanik itu bertebaran di wilayahnya. Bahkan, dia telah mengantisipasinya jika keluar rumah dengan berkendara pastinya tetap memakai masker serta helm dengan kaca tertutup.

“Terasa banget kok, di sepeda motor aja, abunya lengket. Padahal sepeda saya kenak hujan pula,” kata Yayang (25).

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo menyampaikan bahwa sampai saat ini status Gunung Raung masih di level waspada. Namun, Mukijo tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang meski aktivitas Raung masih tinggi.

Baca Juga: Masuk Dalam Daftar Pahlawan 2021, Anies Baswedan : Pengakuan untuk Kita Semua

Dia juga mengungkapkan bahwa ada sejumlah laporan terkait abu akibat erupsi Raung. “Ada beberapa laporan yang masuk seperti di kawasan Licin, Dusun Bayu Songgon. Sejauh ini abu yang keluar masih cenderung tipis, belum sampai ada hujan abu di penduduk,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x