Hanya Modal Lahan Sempit, Warga Tukangkayu Banyuwangi Sulap Pekarangannya Jadi Kebun Sentra Jahe

- 23 Februari 2021, 18:28 WIB
Ilustrasi Jahe: Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meredakan mual serta nyeri haid.
Ilustrasi Jahe: Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meredakan mual serta nyeri haid. /Pixabay

KABAR BESUKI - Meski terhalang dengan keterbatasan lahan dalam berkebun, tidak menjadi penghalang bagi warga Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi yang telah berhasil menyulap kampungnya menjadi sentra jahe dengan hanya memanfaatkan lahan pekarangannya.

Sentra jahe ini tepatnya berada di Jalan Cut Nyak Dien, Kelurahan Tukangkayu, sebuah kampung padat penduduk. Warga menanam tanaman berkhasiat tersebut di pekarangan rumahnya dengan menggunakan polybag.

Salah seorang warga, Qorinatul Urbaniyah (23) mengatakan, munculnya ide Kampung Jahe berasal dari inisiatif warga yang saat itu getol menanam jahe di tempat yang sempit. 

Baca Juga: Ternyata Berenang Termasuk Cara yang Ampuh Atasi Patah Hati, Begini Penjelasnnya

"Pertama yang nanam hanya 15 orang, tapi sekarang sudah hampir merata warga menanam jahe di pekarangan rumah," ujarnya sebagaimana dikutip Kabar Besuki melalui laman resmi BanyuwangiKab.go.id

Wakil ketua komunitas Anggota Inti Menanan dan Memanfaatkan Jahe (Anti Manja) Baim juga menjelaskan bahwa sejak awal Januari lalu komunitasnya telah merintis untuk menanam jahe dan melakukan sosialisasi kepada warga agar memanfaatkan lahan pekarangannya. 

Baca Juga: Ini Dia, Efek Samping Salah Satu Vaksin Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui!

"Sampai saat ini sudah ada 250 tanaman jahe yang telah ditanam oleh warga. Jahe tersebut diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti wedang jahe, bagiak jahe, rengginang jahe, dan wedang uwuh" kata Baim. 

Warga di sana pun kini menyebut kampungnya dengan Senja (Senang Jahe) Di Kampung Jahe.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x