Bupati Ipuk Instruksikan Seluruh Perangkat Daerah di Banyuwangi Beri Pelayanan Ramah Disabilitas

- 28 Februari 2021, 19:40 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani /

KABAR BESUKI - Dalam kunjungannya ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi pada Sabtu petang 27 Februari 2021. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas meminta tiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelayanan publik agar ramah bagi penyandang disabilitas. 

Di sana Ipuk berkeling ke beberapa ruangan termasuk aula Dinas Pendidikan. Ipuk melihat di pintu masuk ruang rapat hanya terdapat anak tangga tanpa bidang miring sebagai jalan masuk. Ini akan menyulitkan bagi teman daksa yang menggunakan kursi roda. 

Bupati Ipuk menghimbau "Saya minta setiap kantor dinas dan pelayanan publik ramah untuk disabilitas. Ini agar mereka nyaman dan aman saat mengurus kebutuhan mereka. Sudah banyak yang ramah disabilitas, tapi belum semua. Harus terus ditambah," kata Ipuk sebagaimana dilansir dari situs resmi BanyuwangiKab.go.id, Minggu 28 Februari 2021.

Baca Juga: Anggota DPR Ajak Kaum Perempuan Perbanyak Keterampilan, dan untuk Pembentukan Holding Rumah Sakit

"Kalau begini kan susah bagi teman daksa yang pakai kursi roda. Saya lihat ruang lain sudah ada bidang miring, nah yang di ruang ini belum ada, jadi saya minta dilengkapi. Ini saya minta kepada para kepala dinas untuk memperhatikan fasilitas kenyamanan para disabilitas. Mereka memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan yang baik," pinta Ipuk. 

Di Dinas Pendidikan, Bupati Ipuk juga bertemu dengan para penyandang disabilitas yang mengikuti "Nongkrong Ilmu Bareng (Nongkibar) Milenial Batch 17". Nongkibar kali ini mengangkat tema “limitation is only a mindset” (keterbatasan hanyalah sebuah pola pikir).

Baca Juga: Stop! Jangan Sampai Menahan Bersin, Karena Akan Menyebabkan Komplikasi Parah Ini

Di acara tersebut, Ipuk juga sempat ngopi santai bersama teman daksa bernama Dio Gitarama (29). Magister pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung itu merupakan peneliti anak berkebutuhan khusus (ABK). Pria kelahiran Banyuwangi itu juga menjadi mentor tentang pendidikan ABK. Ipuk dan Dio banyak mengobrol tentang pendidikan dan kebutuhan ABK. 

Bupati Banyuangi Ipuk membantu penyandang Disabilitas
Bupati Banyuangi Ipuk membantu penyandang Disabilitas BanyuwangiKab.go.id

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x