Kabar Baik! Varian Baru Virus B.1.1.7 Diyakini Tidak Menurunkan Efektivitas Vaksin, Berikut Penjelasannya

- 5 Maret 2021, 11:40 WIB
tangkapan layar video Antaranews -  Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito - acara daring Kamis 4 Maret 2021
tangkapan layar video Antaranews - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito - acara daring Kamis 4 Maret 2021 /

KABAR BESUKI - Belum selesai dengan permasalahan virus corona yang mengakibatkan Covid-19, baru-baru ini dua orang WNI yang baru pulang dari luar negeri diidentifikasi terjangkit salah satu jenis virus corona varian baru, B.1.1.7.

Mereka dinyatakan terjangkit virus B.1.1.7 pada 1 Maret 2021 dan keduanya sedang menjalani perawatan di Jakarta.

Namun koordinator tim pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan kabar baik bahwa mutasi virus tidak menurunkan efektivitas vaksin.

Baca Juga: PBB Mengonfirmasi Pasukan Ethiopia Berada dalam Kemungkinan Pelaku Kejahatan Perang

Dilansir dari Antara, dalam sebuah acara daring pada Kamis 4 Maret 2021, Wiku menyebut bahwa sebagian besar mutasi virus tidak menurunkan efektivitas vaksin.

"Sebagian besar mutasi tidak secara material mengubah virulensi atau kemampuan virus untuk menimbulkan penyakit, begitu juga efektivitas vaksin secara signifikan," kata Wiku.

Namun ia juga memperingatkan semakin sedikit keberadaan mutasi virus, maka semakin efektif vaksin yang sedang dikembangkan di tanah air.

Lebih lanjut Wiku mengatakan temuan virus varian baru ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran langsung untuk mencegah meluasnya penyebaran.

Baca Juga: Masih Trending di YouTube Indonesia, Ini Lirik Lagu ‘Salah Tompo’ oleh Wandra dan Esa Risty

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x