Para Perempuan Pelaku UMKM Harus Mendapat Dukungan Tambahan, Alasannya Seperti Ini

- 9 Maret 2021, 14:09 WIB
Pelaku UMKM Perempuan
Pelaku UMKM Perempuan /KabarBesuki.com

KABAR BESUKI - Direktur Pusat Penelitian Kajian Politik Indonesia (CIPS) Felippa Ann Amanta mengingatkan pentingnya mendorong peran perempuan dalam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), khususnya untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi melalui digitalisasi.

“Meningkatkan peran perempuan dalam UMKM, salah satunya melalui digitalisasi,” kata Felippa Ann Amanta.

Felippa Ann Amanta menyatakan hal tersebut melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021.

Baca Juga: Pahami Resikonya, Berbahayakah Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Ia mengatakan perempuan sebenarnya banyak terwakili di UMKM dan sektor informal, karena lebih dari 50 persen UMKM di Indonesia dimiliki oleh perempuan.

Namun di masa pandemi seperti sekarang, lanjutnya, penampilan berskala besar seperti ini juga membuat mereka semakin rentan terhadap pandemi.

“Pandemi berdampak lebih besar pada perempuan dibandingkan laki-laki. Hal ini disebabkan bertambahnya waktu yang dihabiskan di rumah dan penerapan kebijakan social distancing, ”ujarnya.

Baca Juga: Tips dan Trik Mengajarkan Anak Beramal Serta Manfaatnya, Sangat Berguna Hingga Dewasa

Untuk itu, kata dia, perempuan pengusaha mikro harus mendapatkan manfaat tambahan dan dukungan khusus untuk menjaga kelangsungan usahanya, di mana salah satu cara yang efektif adalah digitalisasi atau penggunaan internet dalam transaksi jual beli.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x