Seorang Warga di Bangka Tengah Memanfaatkan Rawa Sebagai Lahan Pertanian Holtikultura, Khususnya Jagung

- 14 Maret 2021, 18:04 WIB
Pertanian Jagung di Bangka Tengah. /ANTARA/Kasmono
Pertanian Jagung di Bangka Tengah. /ANTARA/Kasmono //Rizqi Arie/

KABAR BESUKI – Sebuah area rawa seluas yang berada di Desa Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung telah menjelma menjadi kawasan lahan pertanian jagung jenis holtikultura.

Lahan seluas empat hektare tersebut kini telah dikelola oleh Kelompok Tani Karya Gemilang yang berada di bawah pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah.

“Seluas empat hektare lahan penuh rawa mampu dimanfaatkan menjadi lahan pertanian tanaman produktif di Desa Lubuk Besar dan ini menjadi percontohan untuk pelaksanaan program lahan tidur menjadi produktif,” kata Sajidin, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari ANTARA.

 Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Kasur yang Kotor Akan Berdampak Buruk bagi Kesehatan Salah Satunya Memicu Reaksi Alergi

Dia menjelaskan, Kelompok Tani Karya Gemilang selaku pengelola lahan tersebut telah berhasil mengembangkan pertanian berbagai jenis tanaman seperti jagung, cabai, dan bawang merah di kawasan tersebut.

“Kelompok Tani Karya Gemilang berhasil mengembangkan tanaman jagung, cabai, dan bawang merah di atas lahan rawa seluas empat hektare tersebut,” ujarnya.

Bahkan, khusus untuk komoditas jagung telah berhasil membukukan hasil panen dengan tingkat produksi mencapai puluhan ton untuk jenis jagung pipil dan manis.

 Baca Juga: Menurut Ahli, Wanita akan Terlihat Cantik Ketika Merasa Percaya Diri, Begini Penjelasannya

Keberhasilan tersebut tidak diraih dengan mudah, karena mengembangkan pertanian di area rawa juga memiliki risiko gagal panen yang tinggi jika terdapat kesalahan dalam pengelolaannya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x