Menparekraf Sandiaga Uno dengan Dubes India Bahas Kerjasama Pariwisata di Bali

- 17 Maret 2021, 16:57 WIB
Sandiaga Uno dengan para kolega/Laman resmi/kemenparekraf.
Sandiaga Uno dengan para kolega/Laman resmi/kemenparekraf. //Aini/
KABAR BESUKI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) melakukan pertemuan dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti untuk membahas mengenai rencana program kerjasama pembukaan pariwisata di Bali.
 
"Kami telah selesai berdiskusi tentang rencana pembukaan Bali dengan penerbangan langsung dari India yang saat ini sedang kita siapkan dan dalam tahap finalisasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno, Rabu, 17 Maret 2021, di Inaya Putri Bali, Nusa Dua.
 
Dikutip pada laman Kemenparekraf melalui siaran pers, dalam pertemuan itu keduanya juga membahas peluang peningkatan kerja sama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi.
 
Dilain hal, pemerintah Provisi Bali sebelumnya telah menetapkan tiga kawasan menjadi zona hijau.
 
Tiga kawasan tersebut meliputi, Kabupaten Gianyar, Sanur di Kota Denpasar, dan ITDC Nusa Dua di Kabupaten Badung.
 
Dari ketiga kawasan tersebut, nantinya akan menjadi prioritas lokasi vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif beserta masyarakat lainnya.
 
"Dengan penguatan testing, tracing, and treatment, dan tahapan-tahapan yang sudah kami siapkan termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, Pak Dubes juga menyatakan hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri wisatawan India untuk memulai penerbangan langsung melalui konsep travel corridor arrangement," jelas Sandi, sapaan akrab Menparekraf.
 
Menurut Sandi, jumlah kunjungan wisata asal India ke Bali setiap tahun mengalami peningkatan.
 
"Hubungan antara India dan Indonesia harus diperkuat demi kemajuan kedua bangsa. Harapan kami peningkatan hubungan bilateral ini bisa membangkitkan semangat, menebar harapan, dan membuka peluang lagi bagi Bali untuk bangkit dan Indonesia dalam pemulihan ekonomi," ujar Sandi.
 
Manoj mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas pertemuan dan rencana kerja sama yang akan dilakukan Indonesia dan India ke depan.
 
Khususnya dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara kedua negara.
 
Manoj yang notabennya baru 1,5 bulan menjalankan tugasnya sebagai duta besar di Indonesia mengaku kagum dengan keindahan alam dan budaya yang ada di Indonesia, khususnya Bali ini.
 
Manoj juga menjelasakan, dimana terdapat kemiripan seni budaya serta populasi agama Hindu yang besar di Bali.
 
"Bagaimana mereka (masyarakat Bali) mempraktikkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari yang dimana ini tidak terjadi di India. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan India untuk berkunjung ke Bali," kata Dubes Manoj.
 
"Kami berharap kerja sama nanti akan berjalan sukses dan membawa kembali ekonomi Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata. Kami juga bicara tentang investasi di berbagai area seperti ekonomi digital dimana kami berharap dari sini bisa mendapatkan peran yang besar," kata Dubes Manoj.  
 
Sandi pun optimistis target 2 juta masyarakat Bali yang mendapat vaksinasi hingga Juli mendatang akan meningkatkan kepercayaan diri bagi wisatawan India untuk berkunjung ke Bali nantinya.***
 
 

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x