MUI Dukung Penuh Pemberian Gelar Pahlawan Kepada Syaikhona Kholil Bangkalan

- 21 Maret 2021, 13:00 WIB
MUI Dukuh Penuh Pemberian Gelar Pahlawan Kepada Syaikhona Kholil Bangkalan
MUI Dukuh Penuh Pemberian Gelar Pahlawan Kepada Syaikhona Kholil Bangkalan /A Fauzi/Sumber foto; bangkalankab.go.id

KABAR BESUKI - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mendukung penuh pemberian gelar pahlawan terhadap salah satu ulama asal Madura Syaikhona Muhammad Kholil. Bertepatan dengan hari pahlawan 10 November 2021 pada tahun ini.

Ketua Umum MUI, K.H. Miftachul Akhyar mengatakan, "Kami sangat mendukung dan Syaikhona Kholil memang layak mendapatkannya," usai menghadiri acara seminar nasional dengan tema "Syaikhona Kholil Guru Pahlawan" di Surabaya, pada Sabtu 20 Maret 2021, yang telah dikutip Kabar Besuki dari antaranews.com.

"Syaikhona Kholil adalah inspirasi bagi semua anak bangsa, sejak dulu sampai sekarang," imbuhnya. Pihaknya mengatakan bahwa Syaikhona Kholil sudah tidak perlu dipertanyakan lagi rekam jejak perjuangannya untuk bangsa Indonesia, ia juga merupakan Guru bagi murid-muridnya saat ini yang sudah bergelar pahlawan terlebih dahulu.

Baca Juga: Dalam Rangka Peringatan Hari Down Syndrome 2021, Yuk Simak Fakta Mengenai Down Sydrome

Baca Juga: Mulai Bangkit Setelah Pandemi! Menparekraf: Perjalanan untuk Pariwisata Batam dan Bintan Siap Dibuka

Baca Juga: Hasil SNMPTN Akan Diumumkan Besok 22 Maret 2021, Inilah 5 Daftar Kampus yang Paling Banyak Diminati Peserta

Seminar yang diakan oleh partai politik Nasdem tersebut menjadi gambaran yang ditujukan kepada partai politik lain oleh Rais Aam PBNU itu, agar menjadi inspirasi dalam upaya mendukung penganugerahan gelar pahlawan pada salah satu ulama asal Madura, Syaikhona Muhammad Kholil.

"Pesantren sudah pasti (mendukung, red.). Kami harap seminar ini inspirasi untuk para tokoh masyarakat dan partai politik untuk bersikap sama," ungkapnya.

Dengan tujuan pengujian secara akademik sebagai syarat pengusulan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil.

Seminar tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Kajian Akademik dan Biografi Syaikhona Kholil Dr Muhaimin sebagai pembicara, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Prof Abdul A'la, sejumlah ulama, Kiai, hingga perwakilan pimpinan ormas Islam dan pesantren.

Baca Juga: Ramai Di Twitter, Netizen Keluhkan Livin Mandiri yang Error hingga Tanggapan dari Bank Mandiri

Baca Juga: Jelang Laga Pembuka Piala Menpora 2021, Arema FC Ingatkan Aremania di Tanah Air untuk Mendukung dari Rumah

Dukungan demi dukungan bermunculan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Wakil Ketua DPR RI asal NasDem Rahmat Gobel, Pimpinan Fraksi NasDem MPR RI, anggota DPR RI asal NasDem, serta sejumlah bupati/wali kota di Jatim.

Meskipun keluarga Syaikhona Kholil mengatakan bahwa tidak memerlukan gelar pahlawan, namun pemerintah menganggap bahwa hal itu patut disandangkan sebagai bentuk penghormatan kepada Syaikhona Kholil yang merupakan guru para pahlawan.

Ketua DPP Bidang Agama dan Masyarakat Adat Partai NasDem Hasan Aminuddin berharap, gelar diberikan pemerintah pada tahun ini. Pernyataan itu disampaikan gelaran acara tersebut.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini