Waspada Potensi Hujan Lebat yang Disertai Angin Kencang akan Terjadi di Pulau Jawa, Simak Daftar Wilayahnya

- 26 Maret 2021, 09:30 WIB
persebaran prakiraan cuaca,
persebaran prakiraan cuaca, /Instagram @infoBMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk beberapa wilayah yang mana berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, seperti sebagian besar wilayah Pulau Jawa.

Sebagian besar pulau Jawa yang memiliki potensi tersebut antara lain Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Menurut ramalan situs BMKG, sirkulasi siklon di Selat Karimata dan Samudera Pasifik di bagian utara Papua membentuk zona konvergensi atau pertemuan kecepatan angin, Jumat 26 Maret 2021.

Baca Juga: Mengejutkan! MNCTV dan iNews Disebut-sebut Juga Akan Menyiarkan Piala Eropa 2020 Bersama RCTI, Benarkah?

Kondisi ini membentang dari Kalimantan bagian utara hingga Kalimantan Barat, mulai dari Semenanjung Malaya di sebelah barat Sumatera, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Tengah dan Papua Utara hingga ke perairan utara Halmahera.

Konvergensi ini mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar zona sirkulasi siklon dan di sepanjang zona konvergensi.

BMKG memperkirakan daerah yang kemungkinan akan mengalami hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang untuk saat ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Baca Juga: Apa Itu Catur? Mengenal Catur Olahraga yang Membuat Dewa Kipas Terkenal pada Saat Ini

Selain itu, kondisi yang sama juga terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkini

x