China Menolak Memberikan Data Mentah Tentang Kasus Awal COVID-19 Kepada WHO

- 31 Maret 2021, 10:39 WIB
ilustrasi Corona
ilustrasi Corona /Pixabay/viarami/

KABAR BESUKI - Amerika Serikat dan 13 negara lain menyatakan keprihatinan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan asal usul virus corona baru yang menyebabkan COVID-19 ditunda dan tidak memiliki akses ke data lengkap, menurut sebuah gabungan.

Ini mengikuti pernyataan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bahwa data dirahasiakan dari para penyelidiknya yang melakukan perjalanan ke China untuk meneliti asal-usul pandemi.

"Sama pentingnya bagi kami untuk menyuarakan keprihatinan bersama bahwa studi pakar internasional tentang sumber virus SARS-CoV-2 ditunda secara signifikan dan tidak memiliki akses ke data dan sampel asli yang lengkap," kata pernyataan bersama yang dirilis di situs web tersebut. dari Departemen Luar Negeri AS.

Baca Juga: Nadiem Makarim Pastikan Siswa Kurang Mampu Berkesempatan Kuliah Lewat Berbagai Jalur Seleksi untuk Terima KIP
 
Baca Juga: Bank Mandiri Nonaktifkan Kartu Debit Magnetic Stripe Secara Bertahap, Nasabah Dihimbau Segera Ganti ke Chip

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh pemerintah Australia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Israel, Jepang, Latvia, Lituania, Norwegia, Republik Korea, Slovenia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

China menolak memberikan data mentah tentang kasus awal COVID-19 kepada tim yang dipimpin WHO, kata salah satu penyelidik tim, yang berpotensi mempersulit upaya untuk memahami bagaimana pandemi global dimulai.

Pernyataan bersama negara-negara tersebut mendukung studi lebih lanjut tentang hewan untuk menemukan bagaimana virus itu diperkenalkan ke manusia, dan menyerukan komitmen baru dari WHO dan negara-negara anggota untuk akses, transparansi, dan ketepatan waktu.

Baca Juga: Terkait Larangan Mudik Lebaran, Anggota DPR Dorong Kemenhub Berikan Insentif pada Perusahaan Transportasi

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Kepribadian, Ternyata Lingkungan dan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Anda

Baca Juga: Dua Titik Api di Kilang Minyak Balongan Akhirnya Telah Berhasil Dipadamkan Menggunakan Alat Ini

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

x