Kantongi Anggaran Rp35,7 Miliar, Pemkab Sumenep Akan Perbaiki Sembilan Titik Jalan di Delapan Kecamatan

- 2 April 2021, 09:14 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sumenep, sumber; sumenepkab.go.id
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sumenep, sumber; sumenepkab.go.id //Achmad Fauzi/

KABAR BESUKI - Melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan memberikan anggaran dana sebesar Rp35,7 miliar lebih dalam pembangunan jalan yang direncanakan pada sembilan titik.

Upaya mingkatkan pembangunan dan kemajuan daerah, Pemkab Sumenep terus lakukan perbaikan di berbagai sektor. Salah satu upaya tersebut yakni proses peningkatan perbaikan jalan pada tahun 2021 ini.

Eri Susanto, selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Sumenep, mengatakan bahwa akan ada pembangunan jalan yang akan digarap oleh pihaknya, pembangunan jalan tersebut berada di sembilan titik yang merupakan peningkatan jalan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga: Peneliti Ungkap, Stres Dapat Ditangani dengan Berenang Air Dingin lho! Kok Bisa? Simak Ulasan Ini

"Anggaran pembangunan jalan sebesar Rp35,7 miliar lebih itu terdapat di DAK untuk sembilan titik," kata Eri, dikutip dari Sumenepkab.go.id pada Kamis, 1 April 2021.

Pihaknya mengatakan bahwa sembilan titik yang akan menjadi tujuan perbaikan jalan tersebut ada di delapan kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sumenep.

Beberapa diantaranya, Jalan Dasuk Timur-Dasuk Barat dengan pagu anggaran Rp5,2 miliar, Jalan Tambaksari-Desa Bun Barat, Kecamatan Rubaru dianggarkan Rp5,5 miliar.

Adapun tempat lain yang akan menjadi tujuan peningkatan jalan yakni Saronggi-Tanjung dengan pagu anggaran Rp5,7 miliar, jalan Batang-batang-Kolpo, Kecamatan Batang-batang dengan pagu anggaran Rp3,5 miliar.

Baca Juga: Felicya Angelista Umumkan Positif Hamil Anak Pertama, Banjir Ucapan Selamat dari Warganet

Untuk peningkatan jalan Padike-Cabbiye Kecamatan Talango dianggarkan Rp4,4 miliar, jalan Batas Beringin Kecamatan Dasuk dianggarkan Rp3,4 miliar, jalan Bluto Kecamatan Bluto Rp3,2 miliar, dan peningkatan jalan Aeng Panas Kecamatan Pragaan Rp2,9 miliar.

"Terus untuk DAK Pedesaan satu titik, yakni di Lalangon-Pajenangger dengan anggaran Rp1,6 miliar," kata dia.

Eri menjelaskan bahwa tahun ini terjadi penurunan pagu anggaran dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp90 miliar lebih menjadi Rp15 miliar. Akibatnya ada penyusutan untuk lokasi peningkatan atau pembangunan jalan pada tahun ini.

Baca Juga: Menurut Studi: Pasangan Bertemu dari Aplikasi Kencan Seperti Tinder Bisa Jalani Hubungan Lebih Lama

Dikabarkan saat ini semua anggaran jalan sudah memasuki tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sumenep.

Menyesuaikan dengan aturan program kegiatan di atas Rp200 juta harus melalui tender. Ketika tender selesai, pekerjaan akan segera dilakukan.

"Pekerjaan paling awal bulan Mei mendatang," tutupnya.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: SumenepKab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x