Program Banyuwangi UMKM Naik Kelas dapat Apresiasi, Ida Fauziyah: Maksimalkan Balai Latihan Kerja

- 3 April 2021, 09:19 WIB
 Ida Fauziah sedang mengunjungi BLK Komunitas./Instagram/@idafauziahnu
Ida Fauziah sedang mengunjungi BLK Komunitas./Instagram/@idafauziahnu //Dicky septiawan/

KABAR BESUKI - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengapresiasi program UMKM Naik Kelas yang dicanangkan Pemkab Banyuwangi. Bahkan Ida meminta agar Banyuwangi bisa memaksimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kementerian Ketenagakerjaan yang ada di Banyuwangi untuk disinergikan dengan program UMKM Naik Kelas. 

"Di kondisi pandemi seperti saat ini UMKM menjadi salah satu cara untuk memulihkan ekonomi. Silakan pakai BLK ini untuk kegiatan-kegiatan peningkatan UMKM," kata Ida usai mendapat penjelasan program UMKM Naik Kelas dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dalam kunjungannya ke BLK Muncar, Jumat, 2 April 2021. Kegiatan juga dihadiri anggota DPR RI Anas Tahir dan Nihayatul Wafiroh.

Ida mengatakan, pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar pada dunia kerja. Karena itu Ida meminta agar seluruh stakeholder bisa saling bersinergi. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak Ternyata tak Lebih dari Suatu Kebetulan, Inilah 8 Mitos yang Berkembang di Masyarakat Kita

"BLK bisa menjadi pintu masuk bagi para pelaku UMKM. Kegiatan program UMKM Naik Kelas seperti pelatihan-pelatihan juga bisa dilaksanakan di sini. Pengelola BLK bisa bersinergi dengan pemerintah daerah serta menggandeng dunia usaha dan industri membuat program-program yang bisa menyerap tenaga kerja," jelas Ida. 

Mantan anggota DPR RI tersebut mengatakan BLK harus mengikuti perkembangan zaman. Pelatihan-pelatihan yang digelar harus disesuikan dengan kebutuhan dunia usaha. 

"BLK harus menjadi balai pelatihan vokasi yang menjadi pusat pelatihan soft skill berdaya saing berstandar nasional dan internasional,” imbuh Ida.

Baca Juga: Jumlah Kasus COVID-19 Kian Bertambah hingga Lebih dari 1 Juta, DKI Jakarta Alami Lonjakan Drastis

Demikian juga dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sudah tidak digunakan untuk diganti dengan yang baru menyesuaikan kebutuhan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x