Masuki Musim Tanam, Pemerintah Banyuwangi Pastikan Stok Benih dan pupuk Subsidi Aman

- 3 April 2021, 09:22 WIB
Ilustrasi petani
Ilustrasi petani /Pixabay/Tuan Hoang

KABAR BESUKI - Kabupaten Banyuwangi bersiap memasuki musim tanam pada bulan April 2021. Berdasar hitungan pemerintah, stok benih dan pupuk subsidi dipastikan aman untuk mencukupi kebutuhan petani.

“Insya Allah pemerintah sudah siap. Kami pas rapat kemarin diminta oleh Ibu Bupati untuk mengecek semuanya jelang musim tanam April. Stok pupuk kita aman sesuai alokasi, cukup untuk musim tanam April-September. Kebutuhan benih juga mencukupi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Arief Setyawan, Jumat, 2 April 2021.

Terkait benih, Arief memastikan saat ini stok benih di Banyuwangi cukup melimpah. Ketersediaan benih padi mencapai 15 ribu ton, sementara kebutuhan untuk musim tanam April hanya 4.206 ton.

Baca Juga: Program Banyuwangi UMKM Naik Kelas dapat Apresiasi, Ida Fauziyah: Maksimalkan Balai Latihan Kerja

“Benih jagung dan kedelai juga aman. Ketersediaan benih jagung kita 3.500 ton, kebutuhannya 863 ton. Benih kedelai stoknya 280 ton, kebutuhannya 274 ton,” urai Arief.  

Arief menambahkan, pada tahun 2021 ini, Banyuwangi tidak hanya mendapatkan tambahan jumlah pupuk bersubsidi, namun kuota petani penerima pupuk bersubsidi juga meningkat. 

Pada tahun ini, bebernya, Banyuwangi mendapatkan penambahan alokasi pupuk subsidi dari pemerintah. Seperti subsidi urea meningkat menjadi 59.511 ton, dari tahun lalu yang hanya 49.335 ton.

Pupuk jenis SP36 juga meningkat dari 6.041 ton menjadi 14.662 ton, dan ZA dari 14.923 ton menjadi 20.548 ton. "Tahun ini ada peningkatan kuota. Kita dapat tambahan hampir rata-rata 11 ribu ton," kata Arief.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Ternyata tak Lebih dari Suatu Kebetulan, Inilah 8 Mitos yang Berkembang di Masyarakat Kita

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini