Menjelang Ramadhan, UIN Walisongo Gelar Rukyah Hilal di 3 Titik Lokasi

- 11 April 2021, 17:04 WIB
Ilustrasi Ramadhan
Ilustrasi Ramadhan /Aini/Pixabay/mohamed_hassan

KABAR BESUKI – Dalam rangka menentukan 1 Ramadhan 1442, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M Universitas Islam Negeri Walisongo menggelar rukyatul hilal (melihat bulan) tiga titik lokasi.

"Tim hisab rukyah UIN Walisongo besok Senin (12/4) akan dibagi di Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah, Pelabuhan Kendal, dan Menara Rukyah Banyurip Tuban Jawa Timur," kata Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UIN Walisongo M Rikza Chamami, MSi dalam keterangan persnya, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA Jatim pada 11 April 2021.

Diketahui ternyata kegiatan hisab dan rukyah ini rutin dilakukan oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo.

Baca Juga: Kampung Narkoba di Palembang Berhasil Digrebek Tim Gabungan Kepolisian, 59 Pria dan 6 Wanita Ditangkap

Terkait hal ini, Tim pakar falak yang berasal dari dosen-dosen astronomi Islam, diinformasikan sudah menghitung posisi hilal dan juga sudah menentukan jadwal imsakiyyah. Antusias masyarakat sangat besar sekali untuk meminta jadwal imsakiyyah Ramadan tahun ini.

"Untuk menentukan awal Ramadhan diperlukan sidang itsbat Kemenag, yang disuport laporan hasil rukyah hilal dari berbagai daerah di Indonesia” ujar Rikza selaku Sekretaris Korwil Semarang Raya PW Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah.

Baca Juga: Lia Eden 'Ratu Surga' Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejaknya Hingga Gemparkan Indonesia

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dari UIN Walisongo untuk turut berperan serta membantu Pemerintah dalam penentuan awal Ramadhan.

Tim hisab rukyah juga sudah bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Jawa Tengah dan instansi terkait dalam proses ini.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x