Berpacu dengan Waktu, TNI Hanya Punya 72 Jam Selamatkan 53 Awak KRI Nanggala, Sebelum Cadangan Oksigen Habis

- 23 April 2021, 03:00 WIB
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali /Aini/pixabay/Engin_Akyurt

KABAR BESUKI-Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, cadangan oksigen di kapal selam KRI Nanggala-402 hanya bisa bertahan selama 72 jam dalam kondisi black out.

Mengenai hal itu, TNI serta sejumlah pihak yang turut membantu pencarian harus berpacu dengan waktu untuk menemukan dan menyelamatkan 53 awak kapal selam yang hilang di perairan utara Bali pada Rabu, 21 April 2021 tersebut.

"Apabila kondisi black out mampu 72 jam, kurang lebih 3 hari. Jadi saat kemarin hilang kontak jam 3, bisa sampai hari Sabtu jam 3, sehingga 72 jam. Mudah-mudahan segera ditemukan sehingga cadangan oksigen masih ada," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, yang dikutip dari kanal YouTube Pikiran Rakyat, Kamis, 22 April 2021.

Baca Juga: Jadwal Bundesliga Pekan ke-31 Live di NET TV dan Mola TV, Termasuk Leverkusen vs Frankfurt

Mengenai hal tersebut, Yudo mengatakan, saat ini sejumlah negara telah menawarkan bantuan, di antaranya Singapura dan Malaysia. Kapal milik dua negara ini segera sampai di lokasi di mana KRI Nanggala diperkirakan hilang kontak.

"Yang berangkat sudah Singapura dan Malaysia, delapan negara lainnya siap membantu," ujar Yudo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kapal selam milik Indonesia yaitu KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak pada Rabu, 22 April 2021 pagi. Kapal ini merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Baca Juga: Askab Kompak Memperkuat Tali Silaturahmi, Guna Menjadi Lebih Baik Kedepannya

Hilang kontaknya kapal selam buatan Jerman ini dibenarkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Pikiran Rakyat


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x