Pemkab Gresik Gelar Kontes dan Lelang Bandeng Secara Virtual, Guna Mempertahankan Tradisi Ditengah Pandemi

- 8 Mei 2021, 17:27 WIB
acara kontes dan lelang Bandeng pada tahun 2017
acara kontes dan lelang Bandeng pada tahun 2017 /@gresiktourism/instagram.com

KABAR BESUKI – Perhelatan Pasar Bandeng di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah digelar pada Jumat, 7 Mei 2021. Kegiatan tradisi tahunan itu ditutup dengan kontes dan lelang ikan bandeng yang menghadirkan bupati serta wali kota se-Jawa Timur.

Kegiatan tradisi tahunan ini sengaja digelar secara berbeda, yakni dengan pelibatan bupati dan wali kota se-Jawa Timur secara virtual melalui lelang bandeng. Dikarenakan, pandemi COVID-19 masih menghantui masyarakat dan belum selesai.

Acara puncaknya dipusatkan di Kantor Bupati Gresik, Jalan Wahidin Sudiro Husodo, dengan menggunakan panggung berlatar belakang LED screen atau layar multimedia seukuran panjang bus mini. Dengan layar itulah yang menjadi kunci untuk menghadirkan sejumlah pimpinan daerah tersebut.

Baca Juga: Ahli Mengungkapkan, Jangan Pernah Katakan Ini pada Pasangan Saat Bertengkar

Sedangkan untuk acara tatap muka digelar dengan undangan terbatas dan memenuhi protokol kesehatan, salah satunya menempatkan kursi dan meja secara berjarak, serta dilakukan di luar ruangan dengan batasan undangan tidak melebihi 100 orang yang hadir.

Pada acara tersebut juga menggunakan protokol kesehatan yang ketat dan selesai pukul 21.00 WIB. Sedangkan lelang bandeng dimulai dengan penawaran pertama seharga Rp10 juta.

Seperti pada kegiatan tahunan sebelumnya, tawar menawar terjadi, dari kepala daerah satu ke kepala daerah lainnya. Hingga akhirnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi terpilih sebagai pembeli tertinggi dengan harga Rp25,5 juta untuk bandeng kawak, atau bandeng terbaik dalam kontes tersebut.

Bandeng yang dibeli Eri merupakan juara pertama Kontes Bandeng Kabupaten Gresik 2021, dengan berat 6,5 kilogram, panjang 86 sentimeter dan berusia delapan tahun, milik salah seorang petambak Zainul Abidin dari Watuagung, Kecamatan Bungah.

Baca Juga: Final Liga Champions 2020-2021 Akan Digelar di Istanbul, Pemerintah Inggris Larang Penerbangan ke Turki

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x