Tiga Bagian KRI Nanggala Akhirnya Ditemukan Namun Tidak Bisa Diangkat, Diperkirakan Beratnya 18 Ton

- 18 Mei 2021, 18:17 WIB
Potret kapal selam KRI Nanggala 402.
Potret kapal selam KRI Nanggala 402. /Instagram.com/@tni_angkatan_laut/

KABAR BESUKI – Evakuasi KRI Nanggala masih berlanjut, untuk saat ini Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AL Denpasar, Bali, mengatakan bahwa tiga bagian dari KRI Nanggala-402 sudah ditemukan, namun belum bisa diangkat ke permukaan.

Tiga bagian tersebut meliputi bow section atau haluan, sail section atau anjungan, dan stern section atau buritan

"Data KRI Rigel diteruskan oleh MV Swift Rescue dari Singapura untuk memastikan di mana posisi yang sebenarnya. Selanjutnya setelah dilaksanakan identifikasi lebih lanjut, maka bagian-bagian dari KRI Nanggala telah ditemukan bow section atau haluan, di mana posisi dari sail section atau anjungan dan di mana posisi dari stern section atau buritan," kata Laksda TNI Iwan Isnurwanto di Lanal Denpasar, Bali, Selasa, dikutip Kabar Besuki dari laman Antara pada 18 Mei 2021.

Baca Juga: Munarman Resmi Jadi Tersangka dan Ditahan Terkait Dugaan Kasus Tindak Pidana Terorisme

Mengenai hal ini, Iwan mengungkapkan bahwa dari penemuan ini bisa mengetahui berapa jarak sebenarnya antara bagian-bagian satu dengan lainnya.

Diprakirakan jarak antara haluan dengan anjungan ini kurang lebih 107 meter, kemudian antara haluan dengan datum tempat perkiraan kapal selam mengalami kedaruratan kurang lebih 47 meter, dan antara stern dan sail section itu kurang lebih 36 meter.

Selain itu dalam kesempatan ini Ia juga menjelaskan bahwa Operasi Salvage ini bersifat umum dan sama dengan operasi SAR lainnya, sehingga operasi ini terbuka untuk umum.

Baca Juga: Epidemiolog UI Ungkap Indonesia Tinggal Tunggu Ledakan ‘Bom’ Besar COVID-19, Pandu Riono: Ini Meledak Terus

Iwan berpendapat bahwa siapapun yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugasnya, hal ini seperti bantuan yang dilakukan dari negara Malaysia, Singapura, Australia, dan Amerika Serikat langsung beraksi.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x