Terpapar Covid-19 Varian Baru di Malaysia, Dua Pasien Pekerja Migran Asal Jawa Timur Mulai Membaik

- 19 Mei 2021, 01:49 WIB
ILUSTRASI// Virus B117
ILUSTRASI// Virus B117 /Dok. M. Rifa'i Azhari

KABAR BESUKI – Dua pekerja migran asal Jawa Timur yang dilaporkan terpapar Covid-19 varian baru B117 varian UK (Inggris) dan B1351 varian Afrika Selatan sudah mulai membaik.

"Alhamdulillah, sekarang ada yang negatif dua kali hasil pemeriksaan. Tapi, kami masih menunggu sampai hari ke-14," ujar Penanggung Jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra, Sp.B, Sp.BTKV, Selasa 18 Mei 2021.

Tim medis Rumah Sakit Lapangan Indrapura di Surabaya telah memastikan dua orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian baru mendapatkan penanganan khusus.

Baca Juga: Ditengah Desakan Dunia untuk Mengakhiri Konflik, Israel Semakin Bersemangat untuk Melawan Palestina

Mereka tercatat datang di Indonesia dari Malaysia pada 5 Mei 2021 dan langsung masuk Asrama Haji Surabaya, kemudian dilakukan tes usap PCR yang hasilnya keluar pada 7 Mei 2021 dengan status positif Covid-19.

Selanjutnya, keduanya dikirim ke RSLI Surabaya dan mulai menjalani perawatan, diambil sampel beberapa spesimen, kemudian sebagian dikirim ke Balitbangkes Jakarta untuk uji lanjutan terhadap potensi varian baru.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, hasil dari uji laboratorium pada 11 Mei 2021, salah seorang pasien asal Jember terkonfirmasi varian Covid-19 jenis B117 strain UK (Inggris), serta satu orang dari Sampang terkonfirmasi varian jenis B1351 strain Afrika Selatan.

Baca Juga: Innalillahi Aurel Hermansyah Keguguran 'Selamat Jalan Anakku', Krisdayanti: My Strong Loli

"Karena terkonfirmasi varian baru, dilakukan penanganan khusus," ucap Nalendra.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x