Pakar Epidemiologi UGM Ungkapkan Jangan Anggap Enteng Virus Corona Meski Sudah Vaksinasi Lengkap

- 28 Mei 2021, 19:52 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 /dok kominfo.go.id

KABAR BESUKI – Pakar Epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Riris Andono Ahmad mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia sudah merasa aman berkat adanya vaksin Covid-19.

Hal tersebut menimbulkan rasa kekhawatirannya terhadap vaksinasi Covid-19 yang terus diupayakan pemerintah.

Menurutnya, vaksinasi masih memunculkan rasa aman semu bagi sebagian warga sehingga menjadi abai terhadap protokol kesehatan karena menganggap dirinya sudah kebal dari Covid-19.

Baca Juga: Dinilai Jangan Naif Apabila Presiden Jokowi Tak Berdosa dalam Pelemahan KPK, Bahkan Disebut 'Main Cantik'

"Jangan malah justru menimbulkan rasa aman semu karena toh divaksinasi tidak membuat orang 100 persen terhindar dari infeksi Covid-19," kata Riris dihubungi di Yogyakarta, Jumat 28 Mei 2021.

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, hingga saat ini upaya vaksinasi Covid-19 masih terus digencarkan pemerintah sehingga untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Untuk benar-benar menghentikan pandemi, herd immunity atau kekebalan kelompok harus tercapai lebih dahulu yakni dengan vaksinasi minimal menjangkau 70 persen dari penduduk Indonesia.

Baca Juga: Ngulet Saat Bangun Tidur Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Stres

"Sekarang berapa banyak, paling vaksinasi baru mencapai tiga persen dari populasi. Dengan demikian kira-kira ada dampak atau tidak?" kata dia.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x