Kemenkes Ajak Masyarakat Indonesia Berani Berhenti Merokok: Indonesia Berada pada Urutan 3 Dunia

- 31 Mei 2021, 19:18 WIB
31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Tahun ini peringatan HTTS mengangkat tema “Berani Berhenti Merokok: Apapun Jenisnya”.
31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Tahun ini peringatan HTTS mengangkat tema “Berani Berhenti Merokok: Apapun Jenisnya”. /@kemenkes_ri/Instagram

KABAR BESUKI - Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat Indonesia untuk ‘Berani Berhenti Merokok’ dalam peringatan Hari Tembakau Sedunia pada 31 Mei 2021.

Melalui acara tersebut Kementerian Kesehatan mengajak sebanyak 5 juta orang berhenti dari kebiasaan merokok melalui serangkaian program kerja.

"Tahun ini kami ajak seluruh lapisan masyarakat mendukung gerakan berhenti merokok dengan target 5 juta orang berhenti merokok apapun jenisnya," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan kepada wartawan secara virtual, Senin 31 Mei 2021.

Baca Juga: 7 Gejala Kanker Berbahaya yang Sering Diabaikan Banyak Orang, Nomer 1 Sering Disepelekan

Menurut Dante, tema tersebut relevan di Indonesia yang mempunyai korelasi dengan meningkatnya konsumsi merokok di kalangan anak dan remaja.

Prevalensi perokok pada kelompok usia anak-anak 10-18 tahun, kata Dante, meningkat 7,2 persen 2013 menjadi 9,1 hingga 2018.

"Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mempunyai tingkat perokok aktif yang sangat tinggi, perokok laki laki di Indonesia tertinggi nomor tiga di dunia setelah India dan China," katanya.

Baca Juga: Polda Jatim Lakukan Penyelidikan Kasus Kekerasan Seksual Puluhan Siswa SPI di Kota Batu, Sudah Ada Barang Bukt

Dilansir Kabar Besuki dari Antara, riset kesehatan dasar (Riskesdas) oleh Kementerian Kesehatan, data perokok elektronik meningkat drastis dari 1,2 persen pada 2016 menjadi 10,9 persen pada 2018.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x