Program Smart Kampung Banyuwangi Dapat Apresiasi dari Mendagri, Tito Karnavian: Daerah Lain Harus Mencontoh

- 5 Juni 2021, 09:11 WIB
Mendagri Tito Karnavian dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani
Mendagri Tito Karnavian dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani /@ipukfdani // Instagram:

KABAR BESUKI - Kabupaten Banyuwangi mendapat apresiasi baik dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, karena inovasi pelayanan publiknya yang disebut dengan Smart Kampung.

Sistem layanan publik Smart Kampung memang dikatakan telah beberapa kali memenangkan lomba layanan publik yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Smart Kampung Banyuwangi adalah program pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan TIK berbasis serat optik, kegiatan ekonomi produktif, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan-kesehatan, dan upaya pengentasan kemiskinan.

Baca Juga: Najwa Shihab Serukan bahwa Negeri Ini Dalam Bahaya, ‘Jangan Diam’ Ini Faktanya

Dalam program itu, sejumlah layanan cukup diakses di tingkat desa, bahkan dapat dilakukan secara mandiri melalui mesin yang ada di kantor desa.

Tito karnavian pun menyarankan agar kabupaten maupun kota lain bisa mencontoh Banyuwangi dalam terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan publik.

Ia mengatakan jika Banyuwangi bisa dijadikan model contoh bagi daerah lain untuk terus melakukan inovasi terhadap pelayanan publik.

"Tradisi inovasinya terjaga. Saya akan minta daerah lain meniru. Saya saja ingin belajar," kata Mendagri Tito dalam kunjungan kerjanya ke layanan Smart Kampung Desa Sukojati di Banyuwangi pada Jumat 54 Juni 2021 seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Heboh Beredar Sebuah Video Dokter Kandungan Menyebut Ayus Itu Adalah Suami dari Nissa Sabyan

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x