Banyuwangi Luncurkan Pas Kontan Aplikasi Konsultasi Pertanian Online Guna Mempermudah Pelayanan

- 11 Juni 2021, 17:06 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani /@ipukfdani/Instagram
KABAR BESUKI - Mempermudah pelayanan bagi para petani, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan Pelayanan Smart Konsultasi Pertanian Online atau disingkat Pas Kontan.

Para petani dapat berkonsultasi berbagai permasalahan pertanian kepada petugas melalui platform digital yang telah disediakan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan Pas Kontan merupakan pengembangan dari program Bilaperdu (Mobil Layanan Pertanian Terpadu) yang telah berjalan sebelumnya. Program ini merupakan pelayanan jemput bola atas berbagai masalah pertanian yang dialami oleh petani. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Ternyata Disebut Sebagai Pasangan terbaik, Kamu Termasuk?

Layanan ini menggunakan mobil yang telah disulap menjadi klinik berjalan untuk menangani beragam masalah pertanian dan peternakan. Seperti hama wereng di musim penghujan, masalah irigasi, dan mengatasi ternak yang sakit.

“Fasilitas ini kami kembangkan lebih lengkap menjadi Pas Kontan yang telah berbasis aplikasi. Kalau dulu komunikasi layanan Bilaperdu melalui call center sehingga terbatas hanya di jam kerja, namun saat ini  sudah berbasis aplikasi sehingga bisa diakses 24 jam setiap hari. Kita juga menyebutnya e-bilaperdu,” kata Ipuk, Kamis, 10 Juni 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Ipuk menjelaskan Pas Kontan juga mencakup lebih banyak layanan. Tidak hanya satu, Pas Kontan terdapat 8 jenis layanan yang bisa diakses secara online. Meliputi informasi tentang petani, harga komoditi, konsultasi, info tani, lahan pertanian, cuaca, peta komoditas, elektronik ternak Banyuwangi (enak Wangi), hingga lokasi pelayanan.

Baca Juga: Mulutnya Dinilai Terlalu Kotor, Denise Chariesta Minta Seluruh TV Hentikan Dewi Persik: Sudah Waktunya Turun

Untuk mengakses layanan ini, petani tinggal mengunduh aplikasi Pas Kontan melalui playstore. Menu-menu tersebut akan terpampang di dalamnya.

“Misalnya, petani ingin melihat harga cabai, bisa langsung klik di menu harga komoditi. Nanti akan langsung muncul harga cabai yang real time karena sudah langsung terkoneksi dengan data dari Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Perdagangan,” urai Ipuk.

“Dengan layanan berbasis digital ini, petani menjadi lebih mudah. Kini mereka tidak perlu jauh-jauh menemui petugas untuk berkonsultasi, cukup menghubungi melalui aplikasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Tak lebih dari 24 jam, petugas akan langsung memberikan tanggapan,’ imbuh Ipuk.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x