BBWS Brantas Siap Mendukung Penyediaan Air Bersi di Kaki Gunung Ijen Sebagai Pengembangan Fasilitas

- 15 Juni 2021, 12:59 WIB
Foto: Gunung Ijen
Foto: Gunung Ijen /Dicky Septiawan/dok. Pribadi/Kabar Besuki

KABAR BESUKI - Pengembangan fasilitas penunjang untuk Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen terus dilakukan. Salah satunya dengan penyediaan air bersih di kawasan Paltuding (kaki Gunung Ijen) serta TWA Ijen secara umum. 

Selain air bersih di kawasan TWA Ijen, pemerintah pusat juga melakukan pengembangan infrastruktur jaringan irigasi di Kecamatan Wongsorejo dan upaya pencegahan abrasi di Pantai Cemara.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani telah bertemu dengan Muhammad Rizal, kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum lama ini untuk membahas hal tersebut.

Baca Juga: Banyuwangi Targetkan 61 Ribu Ton Gula di Glenmore Guna Tingkatkan Produktivitas Gula di Kota Gandrung

“Terima kasih pemerintah pusat dan provinsi yang terus mendukung pengembangan Banyuwangi. Dukungan ini sebagai bagian dari pemulihan sektor pariwisata. Semoga dengan terpenuhinya kebutuhan air bersih, akan menambah kenyamanan wisatawan untuk menikmati api biru (blue flame) yang mendunia di Kawah Ijen,” kata Ipuk, Senin, 14 Juni 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Banyuwangi, Guntur Priambodo, mengatakan, pertemuan dengan BBWS Brantas adalah tindak lanjut dari rapat koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Banyuwangi, akhir Mei 2021.

”Dalam rakor tersebut kami membahas percepatan program pemerintah pusat di Banyuwangi, termasuk di dalamnya untuk pengembangan pariwisata. TWA Ijen menjadi salah satu prioritas program dari pusat, salah satunya soal penyediaan air bersih di Ijen," jelas Guntur.

Baca Juga: Fish Market Festival Ajang Pengenalan Ragam Sekaligus Pasar Ikan yang Diadakan di Banyuwangi

Kepala BBWS Brantas Muhammad Rizal menjelaskan telah ditunjuk Kementerian PUPR untuk melakukan pembangunan prasarana air bersih di destinasi Kawah Ijen.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah