Banyuwangi Sukses Panen Ginseng Merah untuk Pertama Kalinya, Sugirah: Komoditi yang Menjanjikan

- 17 Juni 2021, 16:32 WIB
Wabup Banyuwangi panen ginseng merah.
Wabup Banyuwangi panen ginseng merah. //@sugirah//Instagram

KABAR BESUKI - Satu lagi komoditi pertanian berhasil dikembangkan di Banyuwangi. Petani Dusun Pandan, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi sukses membudidayakan gingseng merah.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah berkesempatan melakukan panen perdana. Ini merupakan pertama kali Banyuwangi memanen tanaman yang berasal dari Korea tersebut. 

"Budidaya gingseng merah di Banyuwangi tergolong baru. Gingseng merah ini bisa menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi petani," kata Sugirah.

Baca Juga: Banyuwangi Teruskan Festival Susur Sungai untuk Jaga Ekosistem Sungai, Rutin Setiap Bulan

Panen perdana tersebut dilakukan Rabu, 16 Juni 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari lamman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Wabup yang juga seorang petani tulen itu mengatakan, gingseng merah merupakan salah satu yang diminati di pasar komoditi pertanian. Karena tiap bagian dari tanaman yang memiliki khasiat kesehatan itu bisa dikembangkan dan dimanfaatkan. 

"Ini komoditi yang menjanjikan, karena dari akar sampai daunnya memiliki khasiat dan nilai ekonomi," jelas Sugirah. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat 3 Varian Covid-19, Simak Asal dan Gejalanya untuk Lebih Waspada

Wabup yang memulai karir dari petani itu mendorong agar petani di Banyuwangi bisa terus belajar dan berinovasi di sektor pertanian. Seperti di Dusun Pandan ini, menurut Sugirah, tidak menyangka bisa dijadikan budidaya gingseng merah.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x