Rocky Gerung Nilai Presiden Jokowi 'Cemas' di Balik Manuver Gandeng PAN dalam Koalisi

- 27 Agustus 2021, 13:23 WIB
Rocky Gerung Nilai Presiden Jokowi 'Cemas' di Balik Manuver Gandeng PAN dalam Koalisi
Rocky Gerung Nilai Presiden Jokowi 'Cemas' di Balik Manuver Gandeng PAN dalam Koalisi /Dok. Polres Tangerang

KABAR BESUKI - Pengamat politik Rocky Gerung menilai Presiden Jokowi 'cemas' di balik manuver dirinya menggandeng PAN dalam koalisi pemerintahan.

Rocky Gerung menduga bahwa hal tersebut merupakan upaya Presiden Jokowi untuk memuluskan agenda perpanjangan masa jabatan selama tiga tahun dengan menunda Pemilu 2024 ke tahun 2027.

 

"Saya kira ini end result-nya soal sidang MPR yang Presiden Jokowi setujui, karena dia dapat insentif tiga tahun perpanjangan (masa jabatan), dan sangat mungkin dia juga menghitung bahwa 'Jangan-jangan PDIP tidak tulus dengan sidang MPR, lalu PDIP membelot di tengah jalan atau yang sering membelot itu Golkar'. Karena itu dia akan tambah konstituen pendukung, PAN akan dimasukkan di situ supaya dapat meloloskan agenda perpanjangan tiga tahun ini," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Baca Juga: PAN Resmi Jadi Sahabat Baru Koalisi Jokowi, Rocky Gerung: Pasti Ngincer Kursi Kabinet

Rocky Gerung mengungkapkan alasan Presiden Jokowi menggandeng PAN sebagai mitra koalisi baru Istana karena memiliki bargainning yang tergolong lemah dalam peta perpolitikan nasional.

Bahkan, Rocky Gerung juga menilai beberapa kader PAN saat ini sedang dilanda sejumlah kasus sehingga memperkuat alasan PAN akhirnya bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Mengapa PAN? Karena PAN yang paling lemah, PAN nggak mungkin berkhianat karena itu artinya dia bisa digetok setiap saat karena di belakang PAN ada beberapa kasus yang sangat sensitif," ujarnya.

Baca Juga: Pimpinan PAN Murka Melihat Anggota DPRD yang Tutup Akses Masuk Rumah Tahfidz di Makassar

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x