UPDATE Harga Kedelai dan Jagung pada Musim Panen Tahun Ini, Wilayah Banyuwangi Selatan

- 1 November 2021, 18:59 WIB
UPDATE Harga Kedelai dan Jagung pada Musim Panen Tahun Ini, Wilayah Banyuwangi Selatan
UPDATE Harga Kedelai dan Jagung pada Musim Panen Tahun Ini, Wilayah Banyuwangi Selatan //Pexels/Polina Tankilevitch/Free-photos/
KABAR BESUKI - Kedelai merupakan salah satu bahan pokok pembuatan tempe dan tahu. Musim sekarang ini di Kecamatan Tegaldlimo rata-rata para petani sudah panen.
 
Kebanyakan dari para petani didaerah Kecamatan Tegaldlimo menanam kedelai. Panen kali ini dirasa lumayan menjanjikan dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. Pasalnya harga kedelai sendiri mulai menguat.
 
Tak hanya kedelai, harga jagung pun dari petani ke pengepul juga menjanjikan. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengepul di daerah Kecamatan Tegaldlimo.
 
Jumali merupakan pengepul sekaligus guru di salah satu sekolah swasta di Kecamatan Tegaldlimo menjabarkan perihal harga komoditi kedelai dan jagung di wilayahnya.
 
"Untuk harga kedelai yang jepang (kedelai besar) kalau bagus dihargai lebih dari Rp7000," ungkap Jumali saat memberikan keterangan dalam wawancara dilakukan Tim Kabar Besuki.
 
Sementara itu untuk kedelai jenis martoloyo (kedelai kecil) kini sudah mulai jarang diminati karena pasaran dari kedelai jenis tersebut sulit.
 
"Untuk kedelai martoloyo sesuai namanya loyo, kalau kedelai jenis itu saya gak ngambil soalnya jarang peminatnya," tutur Jumali.
 
Sementara itu untuk harga jagung dari petani ke pengepul harganya mulai membaik dibandingkan dengan tahun kemarin.
 
Kabar kepastian tersebut diungkapkan oleh salah satu warga dari wilayah Kecamatan Tegaldlimo, Wagirah.
 
Menurutnya kini harga jagung sudah muali bisa dijadikan sebagai pokok pendapatan, pasalnya kini harga jagung mulai tinggi.
 
"Habis panen jagung, untuk per kilonya dihargai Rp4100, itupun sudah besar harganya dibandingkan tahun kemarin yang hanya Rp1500," ungkap Wagirah.
 
Untuk komoditas yang lainnya, masih belum diketahui harganya, soalnya dari para pengepul harga bisa naik bisa turun.
 
Meskipun kini musim panen sudah usai, akan tetapi masih ada yang masih melakukan panen hingga sampai saat ini.
 
Harga Komoditas Kedelai dan Jagung di Pengepul untuk wilayah Banyuwangi Selatan.
 
Kedelai Putih Besar (Jepang)
Harga mencapai Rp7000- Rp7500
 
Harga Jagung
Harga mencapai Rp3500-4100.***
 
Disclaimer: Harga di setiap pengepul bisa berbeda-beda, dan setiap harinya juga bisa berbeda. Karena harga komoditas tersebut tidak menentu. Setiap harinya bisa naik bisa turun.

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x