Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Pertempuran Surabaya Banyak Pejuang Gugur

- 7 November 2021, 22:31 WIB
Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Pertempuran Surabaya Banyak Pejuang Gugur
Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Pertempuran Surabaya Banyak Pejuang Gugur /Pixabay.com/mufidpwt

KABAR BESUKI - Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang diperingati setiap 10 November dan ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, yang dimana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia yang baru lahir melawan Kerajaan Belanda yang dibantu oleh pihak Sekutu, diwakili oleh Inggris.

Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949.

Meskipun demikian, gerakan revolusi itu sendiri telah dimulai pada tahun 1908, yang saat ini diperingati sebagai tahun dimulainya kebangkitan nasional Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Bola Besok 8 November 2021: Liga Inggris, Serie A, Liga Champions dan Lainnya

Pertempuran Surabaya

Pertempuran ini merupakan pertempuran tentara dan milisi proklamasi kemerdekaan Indonesia, tentara Britania Raya, dan India Britania. Puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Wikipedia


Tags

Terkait

Terkini

x