Rocky Gerung Sebut Proyek IKN Baru Pesanan Oligarki untuk Jokowi: Itu Akan Berubah Jadi Ibu Kota Oligarki

- 26 Januari 2022, 11:45 WIB
Potret Rocky Gerung sebut ikn baru pesanan oligarki.
Potret Rocky Gerung sebut ikn baru pesanan oligarki. /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI – Pengamat politik Rocky Gerung kembali melayangkan kritik tajam terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan.

Menurutnya, rencana pemindahan IKN Baru ini sudah menimbulkan dampak bagi masyarakat Kalimantan serta ekosistem yang ada.

Rocky Gerung mengatakan bahwa pemindahan IKN baru justru merusak ekosistem serta mata pencaharian masyarakat Kalimantan.

“Mulai sekarang dampaknya mulai terlihat, nelayan disitu gak bisa lagi dapat tangkapan seperti biasa karena beberapa bangunan sudah dimulai, jadi sebetulnya kerusakan itu sudah terjadi sejak awal,” kata Rocky Gerung seperti dikutip Kabar Besuki  dari Youtube Refly Harun pada 26 Januari 2022.

Ia bahkan mengatakan bahwa masyarakat sudah dibohongi oleh maket yang dipamerkan oleh Presiden Jokowi terkait IKN baru.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Bangsa Indonesia Saat Ini Jadi Korban 'Proyek' Saling Menjebak, Begini Penjelasannya

“Kita Cuma dibius oleh Presiden Jokowi untuk lihat maketnya, maketnya memang keren banget, gak ada maket yang dibuat berdasarkan fakta,” terangnya.

“Kita tidak bisa membayangkan apa yang ada di Kalimantan kalau kita gak tanya pada nelayan disitu, dia gak peduli maketnya, dia Cuma tahu bahwa cara dia menangkap ikan terganggu karena adanya ibu kota,jadi dibohongi sebetulnya bahwa seolah-olah pindah itu akan jadi pusat pertumbuhan,” imbuhnya.

Mantan dosen filsafat Universitas Indonesia itu juga mengatakan bahwa rencana pembangunan IKN baru hanya untuk oligarki.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x