PMII Bondowoso Tanggapi Video Gemuruh Semburan Gas MEDCO di Ijen

- 28 April 2020, 21:09 WIB
/

KABAR BESUKI - Viral Video tentang suara gemuruh dan asap tebal di pengeboran panas bumi di kelola PT. MEDCO Power Indonesia di daerah Kawah Wurung, Kecamatan Ijen, Bondowoso, yang dalam tayangan warga resah direspons berbagai pihak elemen mahasiswa.

Kejadian pada Minggu (26/4), sekira pukul 09.30 WIB. menyebabkan masyarakat yang tidak jauh dari proyek menjadi geger dan panik.

Fathor Rozi, Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bondowoso, menyampaikan bahwa dari awal memang sudah resah dan khawatir dengan adanya proyek pengeboran panas bumi di Kecamatan Ijen tersebut.

Baca Juga: Harlah PMII ke 60, PMII Bondowoso Bagikan Ratusan Masker pada Pedagang Kakilima

“Kekhawatiran kami tidak lain karena memang terlalu banyaknya dampak negatif yang dapat merusak lingkungan akibat aktivitas eksplorasi panas bumi ini” Jelasnya, Selasa (28/4/2020).

Ia juga menyampaikan bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh proyek tersebut sudah banyak terjadi, mulai dari keluarnya gas berbahaya seperti yang terjadi di proyek Geothermal Mataloko NTT.

Baca Juga: Gemuruh dan Kepulan Asap Titik Pengeboran Panas Bumi Ijen,Warga Panik

Adanya kecelakaan ledakan dalam pengeborannya, pencemaran air seperti yang terjadi di Balcova, Turki, juga akan mengalami kekeringan di sekitar eksplorasi.

“Kami sangat khawatir asap ini beracun menyerang masyakat dan bisa merusak lingkungan masyarakat sekitar.” Ujarnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah