Larangan Ekspor Minyak Goreng Akhirnya Batal, Hersubeno Arief: Kok Bisa?

- 27 April 2022, 13:03 WIB
Larangan Ekspor Minyak Goreng Akhirnya Batal, Hersubeno Arief: Kok Bisa?.
Larangan Ekspor Minyak Goreng Akhirnya Batal, Hersubeno Arief: Kok Bisa?. /Ilustrasi/ANTARA/

KABAR BESUKI - Jurnalis senior Hersubeno Arief menyoroti kebijakan larangan ekspor minyak goreng yang akhirnya batal secara mendadak.

Hersubeno Arief menduga bahwa publik telah mengira bahwa pemerintah tidak konsisten dalam hal kebijakan larangan ekspor minyak goreng, bahkan mendadak batal diberlakukan.

Hersubeno Arief memiliki dugaan kuat bahwa larangan ekspor minyak goreng mendadak batal dengan mengacu pada dihentikannya kebijakan larangan ekspor batu bara pada Januari lalu, yang juga diberlakukan secara mendadak dalam hitungan hari.

"Saya menduga banyak yang menebak hanya berlaku dalam hitungan hari. Ini berkaca pada pengalaman sebelumnya yakni ketika Presiden Jokowi memberlakukan larangan ekspor batu bara pada bulan Januari lalu," kata Hersubeno Arief sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Hersubeno Point pada Rabu, 27 April 2022.

Baca Juga: Pemerintah Melarang Ekspor Bahan Baku RBD Palm Olein Demi Harga Minyak Goreng Bisa Balik ke Rp14000

Hersubeno Arief mengaku bingung saat Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian mengeluarkan surat edaran terbaru terkait larangan ekspor minyak goreng.

Pria yang pernah bekerja di Metro TV dan ANTV itu mengaku bingung ketika crude palm oil (CPO) bukan merupakan objek yang dilarang untuk diekspor mulai Kamis, 28 April 2022 besok.

Padahal menurutnya, Presiden Jokowi telah menyatakan secara tegas bahwa bahan baku minyak goreng dan minyak goreng dilarang untuk diekspor mulai besok.

"Saya sendiri juga bingung ketika membaca surat Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian ini. Jadi yang dilarang ekspor itu apa? Sebab ketika mengumumkan (larangan) itu, presiden dengan tegas menyatakan akan melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Hersubeno Point


Tags

Terkait

Terkini

x