DPRD Banyuwangi Umumkan Juara Lomba Esai HarI Lahir Pancasila

- 30 Juni 2020, 07:04 WIB
Pengumuman lomba esai digelar DPRD Banyuwangi. Tampak Ketua DPRD I Made Cahyana Negara.
Pengumuman lomba esai digelar DPRD Banyuwangi. Tampak Ketua DPRD I Made Cahyana Negara. /

KABAR BESUKI - DPRD Kabupaten Banyuwangi mengumumkan para pemenang atau juara penulisan esai dengan tema ‘ Spirit Pancasila Gotong Royong Hadapi Covid-19 “ yang dilaksanakan dalam rangka hari lahir Pancasila 1 Juni 1945, Senin (29/06/2020).

Dewan juri penulisan esai, diantaranya General Manager Jawa Pos Radar Banyuwangi, Rahman Bayu Saksono, Staf Ahli fraksi, Fajar Isnaini,MM, dan Dosen FKIP UNTAG, Sahru Romadloni, M.Pd, menetapkan lima orang pemenang yang berhak memperoleh uang pembinaan dengan nilai total sebesar Rp. 28,5 juta.

Sebelum mengumumkan nama pemenang, juru bicara dewan juri, Rahman Bayu Saksono melaporkan, lomba penulisan esai yang diadakan oleh lembaga legislatif ini diikuti oleh masyarakat umum yang ber KTP Banyuwangi dan dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Polresta Banyuwangi Tangkap Debt Collector Sita Paksa Mobil Kreditan

“Kalau dari latar belakang, peserta lomba penulisan esai macam-macam, ada pelajar, Mahasiswa, Santri, Ibu Rumah Tangga, ASN, guru, Kepala sekolah, politisi bahkan guru ngaji juga ada, bahkan terang-terangan ada yang menyatakan pengangguran , “ ucap Bayu Saksono.

Menurut Bayu, pada awalnya peserta lomba di estimasi hanya diikuti sekitar 25 orang, tetapi setelah batas akhir pengiriman hasil penulisan esai. Namun respon masyarakat untuk mengikuti lomba ini cukup luar biasa, sehingga terjaring 150 peserta.

 

“ Dari sekian karya tulis yang masuk, isinya juga bervariasi, ada yang berupa kajian teori, ada yang isinya pandangan penulis atau opini, ada juga yang berisi seruan, himbauan memberi semangat, dan ada juga yang isinya curahan hati , “ ungkap Bayu Saksono.

Setelah melalui pencermatan dan penilaian dewan juri yang mengacu pada beberapa kriteria utama, antara lain, kesesuaian tema, gagasan, ide, argumentasi, bahasa dan ejaan, pengetikan dan alur penulisan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x