Wagub Jatim Emil Dardak Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan EJSC

- 19 Juli 2020, 19:56 WIB
/

KABAR BESUKI - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), untuk memanfaatkan Gedung East Java Super Corridor atau EJSC milik Pemprov Jatim.

Hal ini agar UMKM bisa tetap survive dan berkembang, ditengah pandemi covid-19 yang masih belum usai hingga saat ini.

Gedung EJSC yang terletak di lima Bakorwil se-Jatim, yakni Madiun, Malang, Jember, Pamekasan serta Bojonegoro ini didesain unik dan kekinian untuk memancing kreativitas, didalamnya terdapat fasilitas ruang rapat, ruang sekretariat, co working space, science technopark, command center dan cafe. EJSC dibuka pada hari Senin-Jumat mulai pukul 07.00 hingga 15.30 WIB.

Baca Juga: Kabar Baik, Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 Jatim Lewati Kasus Positif

“Walaupun EJSC belum dilaunching dan full beroperasi karena adanya covid-19, tapi bisa dicicil pelaksanaan pemanfaatannya. Kami juga coba sistem jemput bola disini, karena di EJSC ada operatornya ada community organizer guna membangun jejaring dengan komunitas di wilayahnya,” kata Wagub Emil, bertemu perwakilan UMKM dan industri kreatif se- Bakorwil Madiun, di Gedung EJSC Madiun, Sabtu (18/7) siang.

Wagub Emil mengatakan, salah satu pemanfaatan EJSC ini adalah sebagai tempat bertemunya ide dan gagasan anak-anak muda, khususnya pelaku UMKM. Harapannya, penerapan ekonomi kreatif di Jawa Timur dapat berkembang pesat. Salah satu yang bisa dicoba para pelaku UMKM, adalah membangun communal branding atau merek bersama.

Communal branding, adalah program satu merek yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, sebab untuk melahirkan satu produk yang memiliki akses pasar yang luas dan kuat tidaklah gampang.

Baca Juga: BCL Tulis Kisah Cinta Melalui Sebuah Lagu, Videonya Raih 2 Juta Penonton

“Produk tersebut harus memiliki basis manajemen yang kuat, yakni memiliki product management, customer management dan brand management,” katanya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x