Berkah Liburan Panjang, Homestay Rakyat dan UMKM Pertanian Banyuwangi Bergeliat

- 2 November 2020, 14:37 WIB
Jujugan Homestay
Jujugan Homestay /pegipegi.com

KABAR BESUKI - Pada libur panjang selama lima hari pekan ini, ribuan wisatawan menghabiskan waktunya di Kabupaten Banyuwangi. Destinasi favorit Banyuwangi seperti Pantai Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan Agrowisata Tamansuruh menjadi jujugan wisatawan untuk menikmati keindahan kabupaten di ujung timur Jawa ini.  

Walhasil, homestay milik warga, hotel, hingga UMKM olahan produk pertanian dan perikanan pun kebanjiran rezeku. 

Maya Subagio, pemilik Didu’s Homestay, mengatakan, liburan panjang ini huniannya terisi penuh oleh tamu-tamu dari luar kota. Mereka menghabiskan masa liburannya di homestay yang berada di pinggiran Desa Rejosari, Kecamatan Glagah.

Baca Juga: Selama Long Weekend, Bandara Banyuwangi Layani penerbangan hampir 2000 Orang

“Banyak tamu luar kota yang sudah memesan kamar kami sejak beberapa hari sebelumnya. Kami yakin, kondisi pariwisata di Banyuwangi mulai berangsur pulih, sehingga membawa rezeki bagi kami para homestay yang dimiliki rakyat," kata Maya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh manajemen Hotel Kalibaru Cottage yang berada di wilayah perbatasan Banyuwangi – Jember, atau sekitar 70 menit dari pusat kota Banyuwangi. Hotel yang berpanorama Gunung Raung ini juga mengalami lonjakan hunian. 

“Alhamdulillah, 80 persen hotel kami terisi. Ada yang dari Surabaya, Madura, maupun kabupaten sekitar. Bahkan pertengahan November, sudah ada yang booking full hotel kami dari luar kota,” kata Wartono, pengelola Kalibaru Cottage. 

Baca Juga: Jadi Pembicara di Webinar Smart City Asia, Bupati Banyuwangi Berbagi Ilmu Tentang Smart Kampung

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi, Zaenal Muttaqin menambahkan, lonjakan hunian kamar di sejumlah hotel di Banyuwangi terjadi sejak 28 Oktober 2020 dan terus melonjak naik selama masa liburan.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah