Pemilihan Cakades Daerah Bangkalan, Akan Ada Uji Kompetensi Bagi Cakades yang Lebih dari Lima Orang

- 2 April 2021, 10:35 WIB
Foto ilustrasi kotak pemilihan suara, sumber; pixabay.com
Foto ilustrasi kotak pemilihan suara, sumber; pixabay.com //Achmad Fauzi/

KABAR BESUKI - Uji kompetensi akan dilakukan bagi Calon Kepala Desa (Cakades) yang terhitung lebih dari lima orang dalam suatu desa di Kabupaten Bangkalan. Rencana pelaksanaan uji kompetensi tersebut akan dilakukan setelah penetapan Cakades.

Dicanangkan pada tanggal 5-7 April mendatang oleh Tim Fasilitas Panitia Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) Kabupaten Bangkalan, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Handiansyah memaparkan perihal uji kompetensi itu memang akan dilakukan secara tertulis. Pihaknya meminta agar pelaksanaan ini untuk segera dilaksanakan.

Dikutip dari bangkalankab.go.id, Handiansyah berkata, "Uji kompetensi kemungkinan dilakukan secara tertulis dengan 100 soal," pada Kamis, 1 April 2021.

Baca Juga: Hati-Hati! Hindari 7 Makanan Ini Karena Akan Menyebabkan Jerawat!

Ujian kompetensi yang akan dilakukan yakni mengenai soal-soal materi pemerintahan desa. Kata Handiansyah ada 11 desa yang tercatat memiliki cakades lebih dari lima. Sementara itu penetapan verifikasi cakades sudah diselesaikan oleh tiga desa.

"Tinggal 9 desa yang masih belum menetapkan. Sementara itu, zona merah yang sedikit bermasalah memang ada di 9 desa itu," kata Handiansyah yang akrap disapa Radit.

Salah satu anggota TFPKD Dr. Syafi yang merupakan pelaksana uji kompetensi dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), ujian tersebut nantinya memiliki empat materi terkait pemerintahan desa.

Baca Juga: Tak Hanya Kaya Akan Vitamin C, Jeruk Juga Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah Hingga Sakit Jantung

Masing-masing materi mengenai sistem pemerintahan secara umum. Materi kedua, sistem pemerintahan desa.

"Jadi kami akan lebih banyak yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Materi terakhir terkait manajerial dan kepemimpinan," jelasnya.

Lima orang yang berkompeten dalam bidangnya khususnya pemerintahan desa, akan diturunkan langsung sebagai panitia atau tim penguji nantinya. Pihaknya memaparkan bahwa tidak akan ada uji wawancara atau tatap muka. Saat ini pihak UTM masih menunggu hasil akhir verifikasi cakades yang ada di 120 desa. Dikabarkan masih ada 11 desa yang memiliki lebih dari lima cakades.

Baca Juga: Terapi Air Dingin Memiliki Berbagai Manfaat, Salah Satunya untuk Kurangi Berat Badan lho!

Pihaknya mengatakan dalam penilaian uji kompetensi nantinya akan menerapkan skoring dari masing-masing materi.

"Untuk teknis penilaiannya masih belum final di kami. Nanti akan kami susun kembali usai penetapan cakades hari ini," tutupnya. ***

 

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

x