Kabupaten Biak Numfor Ingin Kembangkan Potensi Wisata, Bupati Biak: Kami Ingin Belajar dari Banyuwangi

- 16 Juni 2021, 18:41 WIB
Kabupaten Biak Numfor Ingin Kembangkan Potensi Wisata, Bupati Biak: Kami Ingin Belajar dari Banyuwangi
Kabupaten Biak Numfor Ingin Kembangkan Potensi Wisata, Bupati Biak: Kami Ingin Belajar dari Banyuwangi /Instagram/@kelurahan_sorido/

KABAR BESUKI - Ingin mengoptimalkan potensi di wilayahnya, Bupati Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua Herry Ario, mempelajari cara Kabupaten Banyuwangi mengembangkan pariwisata. 

Bahkan Herry mengajak Ketua DPRD Biak Numfor, Milkha Rumaropen, dan 46 pejabat, kepala distrik dan lurah. 

"Kami ingin belajar berbagai program dan arah kebijakan Banyuwangi. Tidak hanya pariwisata saja sebenarnya, namun juga masalah keuangan, tata kelola pemerintahan, dan manajemen masyarakat," kata Herry, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Banyuwangi Raih Juara 1 Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari KLHK, Kalahkan Kabupaten Seluruh Indonesia

Herry menjelaskan Biak Numfor yang merupakan pulau tersendiri di Papua memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. Secara histori sejak perang dunia II telah dijadikan salah satu pangkalan perang.  

"Kami punya bandara sepanjang 3,6 km dan pelabuhan. Selain histori sejarah, kami juga punya potensi kelautan, di mana LIPI telah mengeluarkan 81 spot diving seperti terumbu karang maupun kapal perang yang tenggelam. Kami melihat ada beberapa kesamaan potensi dengan Banyuwangi, yakni terkait pariwisata dan perikanan. Karena itu kami ingin belajar di sini bagaimana mengembangkan semua potensi ini," urai Herry.

Menurut dia, kedatangannya ke Banyuwangi ini karena Banyuwangi dinilai mampu mengubah imej daerahnya. Dari yang semula acap dikenal kota santet, kini menjadi kota yang dikenal wisatanya.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Sebut Agama Tak Menjamin Masuk Surga, Netizen Marah: Omonganmu Makin Nagwur

“Kami ingin perubahan transformasi juga terjadi di tempat kami. Sekaligus kami juga ingin belajar yang lain tentang bagaimana pelayanan publik lewat smart kampung, manajemen tata kelola kependudukan lewat aplikasi yang ada, dan banyak lagi," ujar Herry.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x