Taufiq Ismail Sebut PKI Hina Tuhan dan Najiskan Agama di Masa Lalu Melalui Seni Budaya, Begini Sebabnya

- 29 September 2021, 09:04 WIB
Taufiq Ismail Sebut PKI Hina Tuhan dan Najiskan Agama di Masa Lalu Melalui Seni Budaya, Begini Sebabnya
Taufiq Ismail Sebut PKI Hina Tuhan dan Najiskan Agama di Masa Lalu Melalui Seni Budaya, Begini Sebabnya /Tangkap Layar YouTube.com/Fadli Zon Official

KABAR BESUKI - Sastrawan senior Taufiq Ismail menyebut Partai Komunis Indonesia (PKI) menghina Tuhan dan menajiskan agama di masa lalu melalui seni budaya.

Taufiq Ismail mengatakan, pelecehan terhadap agam yang dilakukan oleh PKI dengan pendekatan seni budaya dilakukan melalui sebuah organisasi bernama LEKRA yang sudah ada bahkan sebelum Indonesia merdeka.

"Pada waktu itu, ada organisasi budaya yang bernama LEKRA, dan semuanya itu untuk mentes bagaimana mereka sudah gagal pada tahun 1928, gagal lagi pada tahun 1948, dan kemudian tidak ingin lagi gagal pada tahun 1965," kata Taufiq Ismail sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Fadli Zon Official pada Selasa, 28 September 2021.

Baca Juga: Persaingan Makin Memanas, Tokopedia atau Shopee Juara Marketplace di Indonesia? 

Taufiq Ismail mengaku bersyukur ketika generasi muda yang tumbuh saat ini tak mengetahui adanya pementasan seni budaya yang mengerikan seperti yang dilakukan LEKRA di masa lalu.

Ketika itu, LEKRA kerap menggelar pementasan ludruk dengan judul atau tema yang diduga kuat menghina Tuhan dan menajiskan agama, bahkan menggunakan judul yang provokatif seolah Tuhan telah mati.

"Untungnya generasi kita sekarang pada belum tahu, dulu ada satu rangkaian pementasan-pementasan yang dilakukan. Ada pertunjukan ludruk, judulnya tidak tanggung-tanggung 'Matine Gusti Allah'," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Takut Islam Radikal Padahal PKI Jauh Lebih Ngeri dan Keji, Rocky Gerung: Umat Islam Dipojokkan

Taufiq Ismail mengatakan, pementasan ludruk tersebut umumnya berlangsung selama satu setengah hingga dua jam.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Fadli Zon Official


Tags

Terkait

Terkini

x