Jokowi Serukan Jurnalisme Bijak, Rocky Gerung Singgung Presidential Treshold

- 31 Oktober 2021, 09:03 WIB
Jokowi Serukan Jurnalisme Bijak, Rocky Gerung Singgung Presidential Treshold
Jokowi Serukan Jurnalisme Bijak, Rocky Gerung Singgung Presidential Treshold /Sekretariat Presiden/Instagram.com/@jokowi

KABAR BESUKI - Baru-baru ini Presiden Jokowi menyerukan jurnalisme bijak kepada seluruh insan pers Indonesia dalam sebuah pidatonya di Istana Negara.

Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung tanggapi seruan jurnalisme bijak dari Jokowi sekaligus singgung aturan presidential treshold.

Rocky Gerung juga menyuarakan agar masyarakat mendesak MK untuk membatalkan presidential treshold agar praktik jurnalisme bijak benar-benar terwujud.

"Hari ini kita baca berita Pak Jokowi supaya 'Jurnalisme itu bijaklah, jangan sekedar memberitakan fakta saja tanpa melihat dampaknya'. Ini satu paket juga bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi harus kita tuntut supaya menghilangkan presidential treshold itu, karena dengan itu pers bisa melakukan fungsinya secara bijak," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: MK Batalkan Pasal Kebal Hukum dalam UU Covid-19, Rocky Gerung Sebut Pemerintah Kehilangan 'Kambing Hitam'

Rocky Gerung menyebut, kebebasan pers tak akan terwujud seutuhnya jika pasal presidential treshold tetap dipertahankan.

Menurutnya, jurnalisme bijak yang sesungguhnya adalah jurnalisme yang mendorong oposisi menyuarakan politik alternatif atau mendorong calon presiden independen.

"Sebab nggak ada gunanya pers diberi kebebasan kalau hasil dari kebebasan pers itu yaitu mendorong oposisi untuk mengucapkan politik alternatif, untuk mendorong calon presiden independen, tapi akhirnya mentok di PT 20 persen itu tuh," ujarnya.

Baca Juga: Said Didu Sebut Keputusan MK Bikin Pejabat Kebal Hukum, Mahfud MD: Memang Tak Ada yang Baru dalam Vonisnya

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x