Rocky Gerung Sebut Aturan Presidential Treshold 20 Persen Sebagai Akar dari Seluruh Kejahatan di Tanah Air

- 12 Desember 2021, 14:17 WIB
Rocky Gerung Sebut Aturan Presidential Treshold 20 Persen Sebagai Akar dari Seluruh Kejahatan di Tanah Air.
Rocky Gerung Sebut Aturan Presidential Treshold 20 Persen Sebagai Akar dari Seluruh Kejahatan di Tanah Air. /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung kembali menyinggung soal desakan masyarakat untuk menghapus aturan presidential treshold sebesar 20 persen.

Sejak awal, Rocky Gerung menilai aturan presidential treshold 20 persen sangat mencederai iklim demokrasi yang sehat di tanah air.

Rocky Gerung bahkan menyebut bahwa aturan presidential treshold 20 persen sebagai akar dari seluruh kejahatan yang terjadi di tanah air.

Menurutnya, desakan untuk menghapus presidential treshold 20 persen sudah semakin menggema di kalangan masyarakat sipil yang menginginkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil.

"Akar dari seluruh kejahatan ada di PT (presidential treshold) itu. Kita lagi dorong itu, karena masyarakat sipil akhirnya terakumulasi isunya pada hal yang konkrit," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 12 Desember 2021.

Baca Juga: Jokowi Serukan Jurnalisme Bijak, Rocky Gerung Singgung Presidential Treshold

Sebagaimana diketahui, aturan presidential treshold 20 persen yang selama ini berlaku menyebabkan kontestasi dalam bursa calon presiden di setiap pemilu cenderung didominasi oleh pemain-pemain besar.

Dengan kata lain, hanya partai politik yang memiliki porsi suara terbesar dan/atau kursi di parlemen yang dapat mengajukan calon presidennya sendiri, meski realitanya tetap harus berkoalisi dengan partai politik lainnya demi memperkuat basis dukungan.

Aturan presidential treshold 20 persen semakin menimbulkan polemik di kalangan masyarakat ketika tetap diberlakukan pada Pemilu 2019 yang digelar serentak.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x