Logo Halal yang Baru Dinilai Terlalu Maksa dan Banjir Kritikan, Netizen: Dikata Indonesia Itu Cuman Jawa Aja

- 14 Maret 2022, 10:15 WIB
Logo Halal yang Baru Banjir Kecaman dan Kritik Tajam Netizen: Terlalu Maksa, Dikata Indonesia Itu Cuman Jawa
Logo Halal yang Baru Banjir Kecaman dan Kritik Tajam Netizen: Terlalu Maksa, Dikata Indonesia Itu Cuman Jawa /Instagram @ felix.siauw

KABAR BESUKI – Logo ‘halal’ Indonesia yang baru ternyata malah menuai kritikan tajam dari netizen, salah satunya disebut mirip dengan gunungan pada wayang.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama mengumumkan perubahan label halal Indonesia yang menuai kecaman.

Bentuk logo label halal baru diketahui mengadopsi bentuk gunung pada wayang.

Baca Juga: Said Didu Sebut Utang Indonesia Bakal Meningkat Hingga BUMN Bangkrut Jika Jokowi Diperpanjang 3 Periode

Bentuk ini menggambarkan bahwa semakin tinggi ilmu dan semakin tinggi usia, semakin mengerucut (golong gilig) manusia harus menyatu dengan jiwa, rasa, cipta, karsa dan karya dalam hidup, atau mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

“Bentuk Label Halal Indonesia terdiri atas dua objek yaitu bentuk Gunungan dan motif Surjan atau Lurik. Gunungan pada wayang kulit yang berbentuk limas lancip ke atas, melambangkan kehidupan manusia. Bentuk gunungan itu tersusun sedemikian rupa berupa kaligrafi huruf arab yang terdiri atas huruf Ḥa, Lam Alif, dan Lam dalam satu rangkaian sehingga membentuk kata Halal,” tutur Muhammad Aqil Irham selaku Kepala BPJPH.

Baca Juga: Klaim 110 Juta Orang Setuju Jokowi Tiga Periode oleh Luhut Dinilai Tidak Masuk Akal, Refly Harun Bilang Begini

Sementara itu, pola Surjan yang disebut juga pakaian takwa itu mengandung makna filosofis yang dalam.

Diantaranya, kerah baju Surjan memiliki 3 pasang kancing (6 kancing) yang menggambarkan rukun iman. Selain itu, pola surjan/lurik yang sejajar satu sama lain juga memiliki arti penting sebagai pembeda/pembatas yang jelas.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Kemenag Twitter @tubirfess


Tags

Terkait

Terkini

x