Jurnalis Internasional Sebut Indonesia Dipimpin Presiden 'Penakut', Refly Harun: Latar Belakang Menentukan

- 17 Maret 2022, 06:29 WIB
Jurnalis Internasional Sebut Indonesia Dipimpin Presiden 'Penakut', Refly Harun: Latar Belakang Menentukan.
Jurnalis Internasional Sebut Indonesia Dipimpin Presiden 'Penakut', Refly Harun: Latar Belakang Menentukan. /Tangkap Layar YouTube.com/Refly Harun

KABAR BESUKI - Pakar hukum tata negara Refly Harun menanggapi pernyataan seorang jurnalis internasional bernama Philip Bowring yang menyebut Indonesia kini dipimpin presiden 'penakut'.

Refly Harun mengatakan bahwa jurnalis internasional menyebut Indonesia kini dipimpin presiden 'penakut' karena faktor latar belakang Jokowi.

Refly Harun juga mengungkapkan bahwa selama ini, banyak masyarakat terlalu berharap terhadap seorang presiden yang dianggap tidak memiliki kapasitas di dunia internasional, sebagaimana diungkapkan oleh Philip Bowring.

"Kadang-kadang kita menaruh harapannya terlalu tinggi pada seseorang yang barangkali kemampuannya bukan di bidang sana. Jadi, mengharapkan Jokowi berperan di dunia internasional sebagai leader of global forum misalnya, saya kira kita akan keliru," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Kamis, 17 Maret 2022.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Media dan Jurnalis Indonesia 'Penakut' Sekaligus 'Penjilat' Kekuasaan, Ini Alasannya

Refly Harun menegaskan bahwa latar belakang, pengalaman, dan pendidikan sangat menentukan concern seseorang terhadap sebuah isu, tak terkecuali bagi seorang presiden.

Selain ketiga hal tersebut, mantan jurnalis Media Indonesia itu juga menyebut bakat juga sangat berpengaruh pada concern seseorang pada sebuah isu.

"Latar belakang, pengalaman, pendidikan pasti akan menentukan di mana orang itu akan memiliki concern yang luar biasa. Tapi berbeda kalau dia memiliki bakat yang luar biasa," ujarnya.

Baca Juga: HET Minyak Goreng Curah Naik Jadi Rp14 Ribu per Liter, Rocky Gerung: Cara Licik yang Dipakai oleh Presiden

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x