Presiden Jokowi Undang Volodymyr Zelensky untuk Hadir di KTT G20 yang Diadakan di Indonesia

- 28 April 2022, 16:45 WIB
Presiden Jokowi undang Volodymyr Zelensky untuk hadir di KTT G20.
Presiden Jokowi undang Volodymyr Zelensky untuk hadir di KTT G20. /Jokowi/Instagram
KABAR BESUKI - Presiden Jokowi telah memutuskan memberikan undangan kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky untuk menghadiri pertemuan dalam acara KTT G20 yang diselenggarakan di Indonesia.
 
Pertemuan puncak acara para pemimpin negara anggota G20 akan digelar pada bulan November 2022 nanti.
 
Hal ini diketahui setelah Presiden Jokowi membagikan sebuah unggahan di media sosial Twitter miliknya mengenai undangan KTT G20 untuk Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.
 
Berikut ini isi unggahan yang diposting Presiden Jokowi dalam mengundang Presiden Ukraina di kanal Twitter miliknya, seperti dikutip Kabar Besuki dari laman YouTube TvOneNews.
 
"Kemarin saya berbicara dengan Presiden Ukraina @ZelenskyyUa," tulis unggahan akun Twitter Presiden Jokowi.
 
Selain itu dalam postingannya tersebut Presiden Jokowi juga menghimbau agara segera menuntaskan masalah perang di Ukraina dengan damai.
 
"Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar perundingan damai berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan," tambahnya.
 
Sementara itu, Presiden Ukraina juga merespon apa yang dicuitkan Jokowi dalam Twitter miliknya. Zelensky membagikan momen tersebut di media sosia Twitter-nya.
 
"Baru berbicara dengan Presiden Indonesia @jokowi. Berterima kasih kepada dukungan atas integritas kedaulatan dan wilayah, terutama dalam posisi yang jelas di PBB. Keamanan pangan didiskusikan. Menghargai undangan kepada saya ke G20," tulis Presiden Zelensky dalam akun Twitter pribadinya. 
 
Zelensky merespon dengan sangat baik, bahkan ia berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah mendukung adanya perdamaian dalam perang antara Rusia dan Ukraina.
 
Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina hingga sampai saat ini masih terus berlangsung, kedua negara seakan tidak mau menghentikan perang itu.
 
Presiden Rusia sendiri terus menggencarkan pasukannya untuk menggempur Ukraina.
 
Bahkan sempat ada simpang siur berita mengenai perintah dari Presiden Rusia untuk menangkap Presiden Ukraina.
 
Sementara itu, kondisi saat ini di wilayah perang Rusia dan Ukraina masih menegangkan.
 
Puluhan roket sudah sering kali terlihat di langit Ukraina, pun sebaliknya, Ukraina yang notabene terus mendapat sokongan dari negara barat tidak mau menjadi bulan-bulanan Rusia.
 
Perang saudara yang terjadi di Ukraina merupakan masalah yang sangat serius, beberapa pihak khawatir jika perang ini merupakan awal dari perang dunia ke-3.
 
Sebelumnya memang ada perdebatan yang luar biasa ketika Indonesia mengundang secara langsung Presiden Rusia Vladimir Putin untuk datang ke KTT G20.
 
Namun, beberapa negara memilih wolkout ketika perwakilan dari Rusia beberapa kali berbicara terkait rencananya datang di KTT G20.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube tvOne News


Tags

Terkait

Terkini

x