Ganjar Pranowo Disarankan Keluar dari PDIP, Refly Harun: Agak Berat Kalau Dia Harus Putuskan Saat Ini

- 11 Oktober 2021, 18:30 WIB
Ganjar Pranowo Disarankan Keluar dari PDIP, Refly Harun: Agak Berat Kalau Dia Harus Putuskan Saat Ini
Ganjar Pranowo Disarankan Keluar dari PDIP, Refly Harun: Agak Berat Kalau Dia Harus Putuskan Saat Ini /Tangkap Layar Zoom Meeting

KABAR BESUKI - Pakar hukum tata negara Refly Harun ikut menanggapi kabar yang menyebut Ganjar Pranowo disarankan untuk keluar dari PDIP.

Ganjar Pranowo disarankan untuk keluar dari PDIP berdasarkan keterangan dari seorang pengamat politik ketika diwawancarai oleh sebuah media massa.

Akan tetapi, Refly Harun mengatakan bahwa bukan perkara mudah bagi Ganjar Pranowo untuk memutuskan keluar dari PDIP dalam waktu dekat.

"Menurut saya, agak berat bagi Ganjar kalau dia harus putuskan saat ini. Kenapa begitu? Karena politik itu cair, hari ini memang terlihat ada perbedaan pendapat yang tajam antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Tapi besok, konstelasi politik bisa saja memaksa siapapun di PDIP untuk berpendapat yang berbeda," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pda Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Ganjar Disebut Berpeluang Menang di Pilpres Tanpa Lewat PDIP, Ferdinand Hutahaean: Pemenang Sudah Ditentukan

Refly Harun menilai, pola yang terjadi dengan Ganjar Pranowo dan PDIP saat ini mirip dengan Jokowi yang sebelumnya tidak diinginkan Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilpres 2014.

Namun karena elektabilitas Jokowi saat itu sangat unggul, maka Megawati dan PDIP berubah pikiran untuk mengusung Jokowi dalam Pilpres 2014 dan memutuskannya hanya dalam waktu sebulan sebelum Pileg 2014 bergulir.

"Awal-awal keengganan Megawati untuk mencalonkan Jokowi (sebagai calon Presiden RI), tapi karena survei Jokowi selalu di atas Megawati dan selalu di atas Prabowo, sementara Megawati selalu surveinya di atas Prabowo, akhirnya Megawati rela pada saat-saat terakhir pada tahun 2014 itu baru diputuskan Jokowi maju itu kira-kira hanya satu bulan menjelang Pileg," ujarnya.

Baca Juga: Hasil Survei Sebut Prabowo Tak Mampu Kalahkan Ganjar di Pilpres 2024, Rizal Ramli: Kesimpulan Abal-abal

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x