Syahganda Nainggolan Ajak Masyarakat Indonesia 'Cut Loss' Oligarki: Betapa Kejamnya Kapitalisme Ini

- 1 November 2021, 07:45 WIB
Syahganda Nainggolan Ajak Masyarakat Indonesia 'Cut Loss' Oligarki: Betapa Kejamnya Kapitalisme Ini
Syahganda Nainggolan Ajak Masyarakat Indonesia 'Cut Loss' Oligarki: Betapa Kejamnya Kapitalisme Ini /Instagram.com/@syahgandanainggolanasli

KABAR BESUKI - Aktivis Syahganda Nainggolan mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk meng-cut loss oligarki.

Syahganda Nainggolan mengajak masyarakat Indonesia untuk meng-cut loss oligarki karena mengetahui kejamnya kapitalisme di dunia.

Syahganda Nainggolan juga menyayangkan tidak adanya pemikir Indonesia yang mempublikasikan karya tulis mengenai post-capitalism yang menjadi sebuah tren baru dunia.

"Waktu saya googling tentang post-capitalism, tidak ada satupun pemikir Indonesia yang menulis artikel tentang post-capitalism. Padahal, Klaus Schwab ini adalah kapitalis Forum Ekonomi Global bicara tentang post-capitalism," kata Syahganda Nainggolan sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Senin, 1 November 2021.

Baca Juga: Fadli Zon Sebut Periode Kedua Pemerintahan Jokowi Penuh dengan Konsolidasi Oligarki, Ini Alasannya

Syahganda Nainggolan mengaku prihatin dengan tidak adanya pemikir di Indonesia yang mengangkat isu post-capitalism di hadapan publik, karena dia merasa Indonesia harus keluar dari jeratan kapitalisme.

"Indonesia tidak pernah berpikir tentang post-capitalism, padahal post-capitalism ini adalah imajinasi. Bisakah kita keluar dari perangkap 250 tahun post-capitalism itu?," ujarnya.

Syahganda Nainggolan menegaskan bahwa kapitalisme merupakan paham yang sangat kejam dan terbukti telah membunuh banyak orang tak berdosa di beberapa belahan dunia.

"Betapa kejamnya kapitalisme ini. Kapitalisme telah membunuh dari 60 juta orang Meksiko. Di Tazmania, tidak ada suku lagi yang asli di sana gara-gara kapitalisme karena orang kulit putih datang," katanya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x