Pertanyakan Hasil Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi, Rizal Ramli: Yang Puas Itu Buzzer Sama Influencer

- 26 Februari 2022, 10:29 WIB
Pertanyakan Hasil Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi, Rizal Ramli: Yang Puas Itu Buzzer Sama Influencer.
Pertanyakan Hasil Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi, Rizal Ramli: Yang Puas Itu Buzzer Sama Influencer. /Rizal Ramli/Instagram.com/@rizalramli.official

KABAR BESUKI - Ekonom senior Rizal Ramli mempertanyakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sebagaimana klaim hasil survei dari beberapa lembaga.

Rizal Ramli mempertanyakan klaim hasil survei yang menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi selain buzzer dan influencer.

Rizal Ramli menyebut, banyak hasil survei tingkat kepuasan terhadap Jokowi dari sejumlah lembaga yang terkesan bias dan penuh modifikasi, meski secara teoretis dinilai sangat akademis.

"Dalam prakteknya, banyak bias dan modifikasi yang bisa terjadi. Itu yang mengakibatkan hasilnya itu tidak objektif," kata Rizal Ramli sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Indonesia Lawyers Club pada Jumat, 25 Februari 2022.

Baca Juga: Rocky Gerung Pertanyakan Hasil Survei yang Klaim 70 Persen Masyarakat Puas Terhadap Rezim Jokowi

Rizal Ramli kemudian mengajak kepada masyarakat untuk membuat daftar lembaga survei yang memuat hasil dengan tingkat dan frekuensi margin of error yang sangat rendah.

Dia menyebut, lembaga survei dengan hasil yang memiliki margin of error hanya sekali di bawah dua persen merupakan lembaga yang kredibel.

"Menurut saya, kita bikin listing lah siapa dari survei yang margin of error-nya satu kali di bawah dua persen, itu baru yang kredibel," ujarnya.

Baca Juga: Pertanyakan Klaim Tingkat Kepuasan Terhadap Presiden Jokowi, Hersubeno Arief: Coba Survei di Kalangan Pekerja

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Indonesia Lawyers Club


Tags

Terkait

Terkini

x